Antisipasi China, Australia Ikut Latihan Militer Bareng India-Jepang-AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 16:36 WIB
AS Ingin Bangun Pangkalan Militer Baru di Australia Utara
Foto: Ilustrasi militer Australia (ABC Australia)
Canberra -

Australia akan mengambil bagian dalam latihan militer skala besar di lepas pantai India bulan depan. Di sana Australia akan bertemu dengan negara-negara yang khawatir dengan meningkatnya pengaruh China.

Dilansir AFP, Selasa (20/10/2020) India, Jepang, Amerika Serikat dan--untuk pertama kalinya sejak 2007--Australia akan ambil bagian dalam latihan angkatan laut Malabar November ini, sebuah tindakan yang kemungkinan besar akan memicu protes China.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds pada Senin (19/10) malam mengatakan latihan itu untuk "menunjukkan tekad kolektif kami untuk mendukung Indo-Pasifik yang terbuka dan makmur" - sebuah kiasan yang digunakan dengan baik untuk melawan kekuatan otoriter China.

Kementerian Pertahanan India mengatakan latihan angkatan laut itu akan berlangsung di Laut Arab dan Teluk Benggala, yang telah menjadi hotspot persaingan strategis Indo-China.

Selama beberapa dekade terakhir, China telah mencoba meningkatkan pengaruhnya secara signifikan di Myanmar, Sri Lanka, Pakistan, dan Bangladesh, yang memicu kekhawatiran di New Delhi.

Latihan itu dilakukan di saat terjadinya ketegangan diplomatik antara China dan Australia, ketegangan ekonomi antara China dan Amerika Serikat, dan ketegangan militer antara China dan India.

Sebelumnya, India dan China telah mengerahkan puluhan ribu pasukan ke zona perbatasan sengketa sejak pertempuran sengit pada bulan Juni yang menewaskan 20 tentara India dan sejumlah tentara China yang tidak diketahui jumlahnya.

Tonton juga video 'Tegang Australia-China, 2 Wartawan Australia Terakhir Dipulangkan dari China':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2