Catat 871 Kasus Corona Sehari, Rekor Tertinggi Bagi Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 10:11 WIB
Police officers check vehicles at roadblock to ensure that people abide by the movement control order on the outskirts of Kuala Lumpur, Malaysia, Wednesday, Oct. 14, 2020. Malaysia will restrict movements in its biggest city Kuala Lumpur, neighboring Selangor state and the administrative capital of Putrajaya from Wednesday to curb a sharp rise in coronavirus cases. (AP Photo/Vincent Thian)
Polisi Malaysia memeriksa kendaraan di tengah pengendalian pergerakan di Kuala Lumpur untuk membatasi penyebaran virus Corona (AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia kembali mencetak rekor tertinggi dengan melaporkan 871 kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Sebagian besar kasus baru Corona terdeteksi di wilayah Sabah, yang menjadi lokasi penularan lokal terbaru di negara ini setelah menggelar pemilu sela beberapa bulan lalu.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir Channel News Asia, Senin (19/10/2020), angka 871 kasus Corona dalam sehari mencetak rekor terbaru untuk tambahan kasus harian tertinggi di Malaysia dan mengalahkan rekor sebelumnya pada Sabtu (17/10) waktu setempat dengan 869 kasus dalam sehari.

Dengan lonjakan yang tercatat pada Minggu (18/10) waktu setempat itu, maka total 20.498 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Malaysia.

Dari 871 kasus yang terdeteksi dalam sehari, sebagian besar merupakan kasus penularan lokal dan lima kasus di antaranya merupakan kasus impor atau penularannya terjadi di luar negeri. Kasus impor itu disebut berasal dari India (dua kasus), Nepal (dua kasus) dan Singapura (satu kasus).

Negara bagian Sabah melaporkan kasus baru tertinggi dengan 702 kasus Corona terdeteksi di wilayah tersebut dalam sehari. Jumlah kasus Corona di Sabah melonjak drastis setelah digelarnya pemilu sela beberapa waktu lalu, yang diwarnai pembukaan akses keluar-masuk wilayah tersebut.

Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, menyatakan saat ini ada 7.049 kasus aktif Corona yang ditangani oleh Malaysia. Sebanyak 86 kasus ditangani di Unit Perawatan Intensif (ICU) di rumah-rumah sakit setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2