PM Polandia Dikarantina Usai Kontak dengan Pasien Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 09:51 WIB
Polands Prime Minister Mateusz Morawiecki speaks on camera as he arrives for an EU summit at the European Council building in Brussels, Friday, Oct. 2, 2020. European Union leaders will be assessing the state of their economy and the impact of the coronavirus pandemic on it during their final day of a summit meeting. (Olivier Hoslet, Pool via AP)
Mateusz Morawiecki (Olivier Hoslet, Pool via AP)
Warsawa -

Perdana Menteri (PM) Polandia, Mateusz Morawiecki, menyatakan dirinya tengah menjalani karantina mandiri setelah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). PM Morawiecki menyatakan pemerintahan akan tetap berjalan normal meski dirinya dikarantina.

"Saya mendapati bahwa saya telah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-19. Mempertimbangkan hal ini dan mematuhi aturan sanitasi, saya menempatkan diri saya dalam karantina," ucap PM Morawiecki dalam pesan video pada akun Facebook-nya, seperti dilansir AFP, Rabu (14/10/2020).

"Saya tetap berkomunikasi dengan kolega-kolega saya, pemerintah berfungsi normal," tegasnya.

Lebih lanjut, PM Morawiecki menyerukan warga Polandia untuk mematuhi aturan sanitasi, memakai masker dan mematuhi aturan social distancing.

Dalam pesan video itu, PM Morawiecki tidak menjelaskan apakah dirinya akan menghadiri pertemuan para pemimpin Uni Eropa pada pekan ini.

Pada Selasa (13/10) waktu setempat, Polandia melaporkan 5.068 kasus Corona dan 63 tambahan kematian dalam sehari. Dengan demikian, sejauh ini total 135.278 kasus Corona terkonfirmasi di Polandia, dengan 3.101 kematian.

(nvc/rdp)