Debat Cawapres AS Dimulai, Kamala Harris Sebut Trump Gagal Tangani Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 08:15 WIB
Mike Pence dan Kamala Harris (Getty Images)
Mike Pence dan Kamala Harris (Getty Images)
Utah -

Debat calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat (AS) antara Wakil Presiden Mike Pence dan penantangnya, Kamala Harris, dari Partai Demokrat telah dimulai. Isu pandemi virus Corona (COVID-19) menjadi pembahasan pertama.

Seperti dilansir CNN, Kamis (8/10/2020), kedua cawapres tampak memasuki arena debat dari dua sisi panggung yang berbeda di Universitas Utah di Salt Lake City, Utah pada Rabu (7/10) malam waktu setempat. Pence dan Harris tidak berjabat tangan dan langsung menempati tempat duduk masing-masing.

Susan Page dari USA Today bertindak sebagai moderator dalam debat cawapres ini. Pada awal debat, Page menjelaskan bahwa debat cawapres ini dibagi menjadi 9 segmen, dengan masing-masing segmen berdurasi 10 menit. Setiap cawapres memilih waktu 2 menit untuk menjawab tanpa interupsi baik dari moderator maupun cawapres lain.

Isu pandemi Corona menjadi topik pembahasan pertama. Harris mendapat kesempatan pertama untuk menjawab pertanyaan soal cara penanganan Corona yang akan diambil pemerintahan Joe Biden. Harris pun menyebut pemerintahan Trump telah gagal menangani pandemi Corona.

"Rakyat Amerika telah menyaksikan kegagalan terbesar dari pemerintahan kepresidenan manapun dalam sejarah negara kita," cetus Harris seperti dilansir CBS News.

"Dan ini masalahnya, pada 28 Januari, Wakil Presiden dan Presiden telah diberitahu soal sifat pandemi ini. Dan mereka tahu apa yang terjadi, dan mereka tidak memberitahu Anda," imbuhnya, merujuk pada rakyat Amerika.

Debat cawapres ini digelar dengan sejumlah pembatasan khusus untuk mencegah penyebaran Corona. Tempat duduk penonton dipisahkan ke dalam dua sektor berbeda. Hanya keluarga dari kedua cawapres dan para pejabat Universitas Utah, yang merupakan tamu VIP, duduk di deretan terdepan. Masing-masing kursi ditempatkan dengan jarak cukup jauh satu sama lain.

Di balkon, penonton umum duduk menempati kursi yang ditentukan, sesuai dengan undangan masing-masing, dengan para mahasiswa yang memakai sarung tangan hitam mengarahkan mereka ke tempat duduk masing-masing. Semua orang di dalam lokasi debat wajib memakai masker.

Sebelum masuk ke dalam lokasi debat, para penonton diperiksa suhu tubuhnya. Tersedia juga hand sanitizer untuk mereka. Mereka yang hadir dalam debat cawapres ini diwajibkan memiliki hasil tes negatif Corona setidaknya 72 jam sebelum debat digelar pada Rabu (7/10) malam waktu setempat.

Kursi yang diduduki Pence dan Harris, serta moderator debat, telah dibersihkan dengan disinfektan sebelum digunakan.

Kedua cawapres duduk di meja masing-masing dengan jarak 12,25 kaki atau setara 3,7 meter dan dipisahkan oleh pembatas plexiglass sebagai upaya pencegahan Corona. Baik Pence maupun Harris dinyatakan negatif Corona dalam pemeriksaan yang dilakukan sebelum debat digelar.

Simak video 'Biden Ogah Ikut Debat Capres Jika Trump Masih Positif Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)