Bom Bunuh Diri Targetkan Gubernur Afghanistan, 8 Orang Tewas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 18:42 WIB
Kendaraan pelaku bom bunuh diri di Afghanistan (AFP Photo)
Foto: Kendaraan pelaku bom bunuh diri di Afghanistan (AFP Photo)
Jakarta -

Serangan bom bunuh diri yang menargetkan seorang gubernur provinsi Afghanistan menewaskan sedikitnya delapan orang. Serangan ini terjadi ketika presiden Afghanistan melakukan perjalanan ke Qatar di mana pembicaraan damai dengan Taliban terhenti.

Dilansir AFP, Senin (5/10/2020), dua puluh delapan orang terluka ketika penyerang menabrakkan kendaraannya yang berisi bahan peledak ke konvoi Rahmatullah Yarmal, gubernur provinsi Laghman timur.

"Gubernur sedang mengemudi ke kantornya ketika mobilnya ditabrak. Empat pengawalnya dan empat warga sipil tewas, 28 orang luka-luka," kata juru bicara gubernur Assadullah Daulatzai kepada AFP. Dia menambahkan bahwa gubernur tidak terluka.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tareq Arian membenarkan serangan itu dan mengatakan sebagian besar yang terluka adalah warga sipil.

Insiden itu terjadi ketika Presiden Ashraf Ghani pada hari Senin (5/10) berangkat ke Doha untuk bertemu dengan para pejabat Qatar, tiga minggu setelah dimulainya pembicaraan perdamaian penting antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Ghani pertama-tama akan singgah di Kuwait untuk menyampaikan belasungkawa atas kematian emir Sheikh Sabah al-Ahmad Al-Sabah, kata juru bicaranya Sediq Sediqqi.

Selanjutnya
Halaman
1 2