Masalah Hutan Amazon Disinggung Biden, Presiden Brasil Marah

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 14:02 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro kerap meremehkan bahaya dari virus Corona (COVID-19). Namun, kini Bolsonaro dinyatakan positif setelah dites Corona usai mengalami gejala demam.
Foto: Presiden Brasil Jair Bolsonaro (AP Photo/Eraldo Peres)
Brasília -

Presiden Brasil Jair Bolsonaro marah atas seruan calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, soal upaya dunia menawarkan US$ 20 miliar untuk Brasil guna mengakhiri deforestasi hutan Amazon. Tanpa menerima tawaran itu, Biden menyebut Brasil akan menerima "konsekuensi ekonomi".

Dilansir AFP, Kamis (1/10/2020) Bolsonaro menulis di akun Facebooknya bahwa dia menafsirkan komentar Biden dalam debat capres AS pada Selasa (29/9) malam itu sebagai ancaman sanksi ekonomi jika Brasil tidak menerima tawaran itu.

Bolsonaro menulis dalam bahasa Portugis dan Inggris bahwa dia tidak menerima "suap" atau "ancaman pengecut".

Dia mengatakan Brasil mengambil tindakan terhadap deforestasi dan menegaskan kembali bahwa dia memandang kepentingan asing di Amazon sebagai motivasi finansial dan upaya untuk merusak kedaulatan Brasil.

"Keserakahan beberapa negara terhadap Amazon adalah fakta yang terkenal," kata Bolsonaro.

"Namun, demonstrasi eksplisit dari keserakahan ini oleh seseorang yang mencalonkan diri sebagai presiden negaranya adalah tanda yang jelas dari penghinaan untuk hidup berdampingan yang damai dan matang antara dua negara yang berdaulat."

Bolsonaro mengakhiri pernyataannya dalam bahasa Inggris dengan memanggil Joe Biden dengan nama depan yang salah.

"Sayang sekali, Tuan John Biden! Sayang sekali!"

Dalam Pemilu AS bulan November mendatang, Biden berhadapan dengan capres petahana dari Partai Republik, Donald Trump. Bolsonaro sendiri secara terbuka mengagumi Trump dan berusaha menjadikan Brasil sekutu dari pemerintahan Trump, di mana kedua pemimpin tersebut berusaha untuk memperdalam hubungan perdagangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2