Suara Ledakan Gegerkan Paris, Ternyata dari Pesawat Tempur

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 17:40 WIB
Aksi mogok massal menentang reformasi sistem pensiun terjadi di Paris, Prancis. Imbasnya sebagian besar transportasi umum di kota itu tak beroperasi dan lumpuh.
Ilustrasi (AP Photo)
Paris -

Suara mirip ledakan yang sangat keras mengguncang Paris, ibu kota Prancis, pada Rabu (30/9) waktu setempat. Hal ini memicu kekhawatiran publik soal adanya insiden ledakan besar.

Seperti dilansir media Rusia, RT, Rabu (30/9/2020), suara mirip ledakan itu sempat memicu kepanikan di media sosial, dengan banyak orang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi dan dari mana sumber suara tersebut. Turnamen tenis Roland Garros bahkan sempat dihentikan sementara usai terdengar suara tersebut.

Dalam pernyataan via Twitter, Kepolisian Paris memastikan kepada masyarakat bahwa tidak ada ledakan yang terjadi di ibu kota Prancis itu.

Dijelaskan pihak kepolisian bahwa suara mirip ledakan itu berasal dari sebuah jet tempur yang meninggalkan suara keras di udara saat terbang dengan kecepatan supersonik. Dengan kata lain, suara mirip ledakan itu merupakan sonic boom yang ditimbulkan oleh jet tempur.

Sonic boom merupakan suara keras mirip ledakan yang disebabkan oleh gelombang kejut dari pesawat yang melaju lebih cepat dari kecepatan suara.

"Sebuah suara sangat keras terdengar di seluruh Paris dan wilayah sekitarnya. Itu bukan sebuah ledakan, tapi sebuah pesawat tempur yang melintasi batasan suara (sound barrier)," demikian pernyataan Kepolisian Paris via Twitter.

"Jangan memenuhi saluran darurat!" imbuh pernyataan itu.

Lihat juga video 'Penusukan Terjadi di Paris, 4 Orang Terluka':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)