Angela Merkel Tuding China Kejam Terhadap Kaum Minoritas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 17:35 WIB
Angela Merkel: Kebijakan Ketat dan Tegas Perlu Untuk Selamatkan Manusia
Foto: Kanselir Jerman Angela Merkel (DW News)
Jakarta -

Kanselir Jerman Angela Merkel menuduh China melakukan "perlakuan buruk dan kejam" terhadap kaum minoritas. Dia menggarisbawahi keprihatinan yang mendalam atas tindakan keras China terhadap perbedaan pendapat di Hong Kong.

Dilansir AFP, Rabu (30/9/2020), dalam pidatonya di Bundestag sehari sebelum KTT Uni Eropa, Merkel berjanji untuk mengangkat masalah hak asasi dan kekhawatiran Jerman atas situasi di Hong Kong -- bekas koloni Inggris -- dalam setiap dialog di masa depan dengan Beijing.

"Tentu saja kita harus mengemukakan pendapat yang berbeda dalam pembicaraan," kata Merkel, yang negaranya saat ini memegang jabatan bergilir presiden Uni Eropa.

"Itulah mengapa kita telah menunjukkan keprihatinan kita yang mendalam tentang pembangunan di Hong Kong. Prinsip satu negara, dua sistem berlaku, tetapi berulang kali dirusak," ujarnya.

Merkel kemudian menyoroti perlakuan buruk China terhadap kaum minoritas. "Kita akan mengungkitnya, serta perlakuan buruk dan kejam dalam sebagian hak-hak minoritas di China," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2