Debat Capres AS, Trump Klaim Kampanye Tak Berefek Negatif Saat Pandemi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 09:34 WIB
President Donald Trump, left, and Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden, right, with moderator Chris Wallace, center, of Fox News during the first presidential debate Tuesday, Sept. 29, 2020, at Case Western University and Cleveland Clinic, in Cleveland, Ohio. (AP Photo/Patrick Semansky)
Foto: Debat capres AS antara Donald Trump dan Joe Biden (AP Photo/Patrick Semansky
Cleveland -

Dalam debat capres AS, Presiden Donald Trump mengatakan kampanye besar-besaran yang dihadiri ribuan orang "tidak memiliki efek negatif" di tengah pandemi virus Corona. Trump yakin kampanye ini tidak berefek negatif meskipun ribuan peserta tidak mematuhi rekomendasi jarak sosial.

Dilansir Associated Press, Rabu (30/9/2020) Trump mengatakan saat debat Selasa (29/9) malam waktu setempat melawan capres Demokrat, Joe Biden bahwa dia pikir masker "baik-baik saja". Dia mengeluarkan satu dari sakunya dan berkata, "Saya memakai masker saat diperlukan."

Tetapi Trump juga menyombongkan diri bahwa dia menarik "35 hingga 40.000 orang" pada kampanyenya, dengan mengatakan banyak orang datang ke acara kampanyenya karena mereka ingin mendengarkannya. "Karena orang ingin mendengar apa yang saya katakan," ujar Trump.

Untuk diketahui, mantan calon presiden dari Partai Republik, Herman Cain, yang menghadiri salah satu pertemuan umum Trump pada bulan Juni tanpa mengenakan masker atau jarak sosial, dinyatakan positif virus Corona sembilan hari setelah pertemuan umum itu dan meninggal sebulan kemudian. Baik Trump maupun Biden tidak menyebutkannya.