Dor! Seorang Pejabat Korsel Ditembak Mati Pasukan Korut

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 13:03 WIB
South and North Korean soldiers keep watch each other next to a spot where a North Korean has defected crossing the border on November 13, at the truce village of Panmunjom inside the demilitarized zone, South Korea, November 27, 2017.     REUTERS/Kim Hong-Ji
Foto: Tentara Korea Utara (Dok. REUTERS/Kim Hong-Ji)
Seoul -

Seorang pejabat Korea Selatan yang hilang dari kapal patroli perikanan awal pekan ini ditembak mati oleh pasukan Korea Utara, yang kemudian membakar tubuhnya. Hal ini disampaikan oleh militer Korea Selatan.

Dilansir Reuters, Kamis (24/9/2020), militer Korsel tidak menjelaskan bagaimana pejabat itu sampai di perairan Korea Utara. Namun, kantor berita Korsel, Yonhap mengutip sumber-sumber intelijen yang tidak disebutkan namanya di Seoul, mengatakan bahwa dia berusaha untuk membelot ke Korea Utara.

"Militer kami mengutuk keras kekejaman seperti itu, dan menuntut keras Korea Utara memberikan penjelasan dan menghukum mereka yang bertanggung jawab," kata Jenderal Ahn Young-ho, yang bertanggung jawab atas operasi di Kepala Staf Gabungan, dalam sebuah pengarahan, Kamis (24/9).

Pejabat Korsel itu dilaporkan hilang dari kapal patroli perikanan Korea Selatan pada hari Senin (21/9) ketika berada sekitar 10 kilometer dari selatan Garis Batas Utara (NLL), demarkasi yang disengketakan dari kontrol militer yang bertindak sebagai batas laut de facto kedua negara.

Alasan pasti mengapa pejabat berusia 47 tahun itu ditembak masih belum diketahui, tetapi pasukan Korea Utara mungkin bertindak sesuai perintah soal pencegahan virus Corona, demikian menurut Yonhap yang mengutip berbagai sumber.

Selanjutnya
Halaman
1 2