Kemenangannya Ditolak Warga, Presiden Belarus Dilantik Diam-diam

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 17:42 WIB
Presiden Belarus
Foto: Presiden Belarus Alexander Lukashenko (AFP/ALEXANDER ZEMLIANICHENKO)
Minsk -

Presiden Belarus Alexander Lukashenko dilantik untuk masa jabatan keenam dalam sebuah seremoni rahasia yang diadakan tanpa pengumuman sebelumnya. Pelantikan Lukashonko digelar di tengah aksi-aksi demonstrasi yang mempermasalahkan kemenangannya.

Dilansir AFP, Rabu (23/9/2020) Lukashenko telah menghadapi demonstrasi besar-besaran yang menentang pemerintahannya di Minsk dan kota-kota lain sejak mengklaim kemenangan dalam pemilihan yang disengketakan pada 9 Agustus lalu. Lukashenko pun jarang muncul di depan umum.

"Alexander Lukashenko telah menjabat sebagai Presiden Belarus. Upacara pelantikan berlangsung pada menit-menit ini di Istana Kemerdekaan," kantor berita Belta melaporkan.

Kantor berita independen sebelumnya melaporkan bahwa jalan-jalan ditutup ketika iring-iringan mobil Lukashenko melaju di ibu kota Minsk. Ini memicu spekulasi bahwa pelantikan akan dilakukan, sementara tidak ada konfirmasi resmi dari pemerintah.

Situs resmi Lukashenko tidak membuat pengumuman apa pun dan upacara itu tidak ditayangkan langsung di televisi pemerintah, tampaknya untuk menghindari bentrokan dengan pengunjuk rasa.