Kirim Racun Risin, Wanita Kanada Resmi Didakwa Ancam Trump

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 11:04 WIB
This photo provided by the Hidalgo County (Texas) Sheriffs Office, showing the booking photo of Pascale Ferrier. Ferrier, accused of mailing a package containing ricin to the White House, included a threatening letter in which she told President Donald Trump to “give up and remove your application for this election.
Pascale Ferrier pernah ditangkap di Texas, AS, sebelum ditangkap karena mengirim surat racun risin ke Trump (Hidalgo County (Texas) Sheriff's Office, via AP)

Disebutkan juga bahwa penyidik menemukan enam surat lainnya yang dikirimkan ke Texas pada pertengahan September. Surat-surat yang juga mengandung racun risin itu dikirimkan ke staf pusat tahanan yang menjadi tempat Ferrier ditahan tahun 2019 lalu atas dakwaan kepemilikan senjata api.

Dalam enam surat lainnya Ferrier menggunakan bahasa serupa. Bahasa yang dipakai juga mirip dengan komentar dalam akun media sosial terkait Ferrier.

Selama sidang, Ferrier hanya bicara singkat dan meminta digelar sidang khusus pada 28 September mendatang. Jaksa AS harus membuktikan identitasnya sebelum melanjutkan proses persidangan. Ferrier akan tetap ditahan tanpa jaminan karena dia dianggap sebagai risiko penerbangan.

Risin merupakan zat yang sangat beracun yang berasal dari biji jarak. Meskipun terjadi secara alami, racun risin membutuhkan tindakan disengaja untuk mengubahnya menjadi senjata biologis. Paparan risin berukuran sekecil kepala peniti saja bisa memicu kematian dalam waktu 36 jam hingga 72 jam. Sejauh ini belum ada penawar racun risin yang diketahui.

Halaman

(nvc/rdp)