Pidato di Sidang Umum PBB, Trump Salahkan China Lagi Atas Pandemi Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 09:14 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggelar jumpa pers terkait virus Corona. Namun jumpa pers itu sempat dihentikan sementara karena ada penembakan di luar gedung putih.
Foto: Presiden AS Donald Trump (AP Photo/Andrew Harnik)
New York -

Presiden AS Donald Trump akan menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual. Dalam rekaman video pidato yang sudah dirilis, Trump kembali menyalahkan China atas pandemi Corona.

"Pemerintah China, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) - yang secara virtual dikendalikan oleh China - secara keliru menyatakan bahwa tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia," kata Trump seperti dilansir Reuters, Rabu (23/9/2020).

Trump pun meminta agar PBB meminta pertanggungjawaban China atas pandemi ini. "Nanti, mereka dengan keliru mengatakan orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit... PBB harus meminta pertanggungjawaban China atas tindakan mereka," katanya.

Diketahui, bahwa Trump merekam pidatonya ini pada hari Senin (21/9) di Gedung Putih untuk disampaikan di Sidang Majelis Umum PBB yang digelar secara virtual, yang diadakan hampir minggu ini.

Trump berjanji untuk mendistribusikan vaksin dan berkata: "Kita akan mengalahkan virus, kami akan mengalahkan virus, dan kita akan mengakhiri pandemi dan memasuki era baru kemakmuran, kerja sama dan perdamaian."

Trump, yang sering mengkritik PBB, juga mengatakan dalam pidatonya bahwa jika PBB ingin efektif, PBB harus fokus pada "masalah dunia yang sebenarnya" seperti "terorisme, penindasan terhadap wanita, kerja paksa, perdagangan narkoba, perdagangan manusia dan seks, penganiayaan agama, dan pembersihan etnis minoritas agama."

Dalam Sidang Majelis Umum ke-75 ini sejumlah pemimpin dunia menyampaikan pidatonya secara virtual karena pandemi Corona. Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu pemimpin dunia yang telah menyampaikan pidatonya. Jokowi bicar soal komitmen Indonesia dalam mendukung terus kemerdekaan Palestina.

Tonton video 'Biden Sebut Trump Panik Akibat Corona: AS Harus Bayar Harga Terburuk':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/nvc)