Menlu AS: Iran Akan Terima Konsekuensi Jika Tak Patuhi Sanksi PBB

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 10:22 WIB
Menlu AS Mike Pompeo Tiba di Israel Dalam Rangka Kunjungan 5 Hari ke Timteng
Foto: Menlu AS Mike Pompeo (DW News)
Washington DC -

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan bahwa sanksi PBB terhadap Iran "berlaku kembali". Sanksi yang dimaksud ialah soal embargo senjata. Dia mengatakan AS akan "memberlakukan konsekuensi" jika negara anggota badan internasional itu tidak menerapkannya.

Dilansir AFP dan CNN, Minggu (20/9/2020) AS yang terisolasi dalam masalah ini, dengan kekuatan besar lainnya, terutama sekutu Eropa-nya. Namun, AS berjanji akan tegas kepada Iran.

"Jika Negara Anggota PBB gagal memenuhi kewajiban mereka untuk menerapkan sanksi ini, Amerika Serikat siap menggunakan otoritas domestik kami untuk memberlakukan konsekuensi atas kegagalan tersebut dan memastikan bahwa Iran tidak menuai manfaat dari aktivitas yang dilarang oleh PBB," kata Pompeo.

Sebelumnya, dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan PBB dan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Iran mendesak Dewan untuk memblokir segala upaya AS untuk memberlakukan kembali sanksi internasional, yakni sanksi embargo senjata.

"Mengingat bahwa tujuan yang dinyatakan Amerika Serikat adalah untuk sepenuhnya menghancurkan Rencana Komprehensif Bersama," kata Pemerintah Iran dalam pernyataannya.

Tonton juga 'Manuver Jet Tempur Amerika Serikat, Iran Sebut Aksi Teror Baru':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2