Duh! Warga di India Sandera Buaya dan Minta Tebusan ke Cagar Alam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 02:40 WIB
Ilustrasi Buaya
Foto: Ilustrasi (iStock)
New Delhi -

Penduduk desa di India utara dikejutkan dengan kemunculan buaya di kolam salah seorang warga. Warga sempat menyandera buaya yang terseret arus akibat banjir itu dan meminta uang tebusan kepada penangkaran.

Dilansir AFP, Jumat (11/9/2020) reptil sepanjang dua meter dari cagar alam terdekat itu muncul di desa Midania di negara bagian Uttar Pradesh yang miskin setelah banjir Mosin pada Selasa, kata pejabat setempat.

Seorang pejabat setempat, Anil Patel yang bertanggung jawab atas zona penyangga di sekitar Cagar Alam Harimai Dudhwa mengatakan kepada AFP bahwa penduduk setempat menangkap dan menyandera buaya. Mereka kemudian meminta 50.000 rupe (Rp 10 juta) untuk mengembalikan kepada petugas.

"Kami membutuhkan waktu berjam-jam untuk meyakinkan mereka dengan bantuan dari polisi dan pihak berwenang setempat untuk melepaskan buaya," kata Patel.

Penduduk desa juga sempat diancam dengan tindakan hukum, petugas menjelaskan bahwa mereka berisiko dipenjara hingga tujuh tahun.

Patel mengatakan petugas akhirnya mampu membujuk warga dan melepaskan buaya ke lokasi cagar alam. "Kami melepaskannya ke sungai Ghagra pada hari yang sama," sebut Patel.

"Mereka tidak tahu bahwa buaya adalah hewan yang dilindungi berdasarkan undang-undang perlindungan satwa liat. Penting bagi kami untuk mendidik lebih banyak tentang satwa lair," tambahnya.

(lir/lir)