Kapal Perang Nazi Ditemukan di Dasar Laut Norwegia Setelah 80 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 17:14 WIB
The submerged wreck of the Nazi cruiser which was torpedoed and sunk off the coast of Norway in 1940 - Statnett/AFP
Bangkai kapal perang Nazi bernama Karlsruhe (Statnett/AFP)
Oslo -

Sebuah kapal perang milik Nazi dari era Perang Dunia II ditemukan di dasar lautan dekat pantai Norwegia. Temuan ini terjadi 80 tahun setelah kapal jenis penjelajah itu ditenggelamkan usai terkena torpedo saat perang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/9/2020), kapal perang Jerman bernama Karlsruhe itu ditemukan secara kebetulan di kedalaman 490 meter di lepas pantai Norwegia, saat para teknisi dari operator jaringan listrik Statnett melakukan inspeksi kabel bawah laut.

"Terkadang, kami menemukan sisa-sisa sejarah. Tapi saya tidak pernah menemukan sesuatu yang semenarik ini," tutur Ole Petter Hoberstad selaku kepala teknisi pada Statnett, kepada AFP pada Kamis (10/9) waktu setempat.

Kapal Karlsruhe yang berukuran panjang 174 meter ini ikut serta dalam invasi Perang Dunia II ke Norwegia. Setelah pasukan militer Jerman turun dari kapal pada 9 April 1940 silam, kapal tersebut dihantam artileri Norwegia dan terkena tembakan torpedo kapal selam Inggris.

Rusak parah, kapal itu akhirnya diperintahkan untuk ditenggelamkan oleh kapten Jerman di lepas pelabuhan Kristiansand yang ada di ujung selatan Norwegia.

Tiga tahun lalu, sonar Statnett mendeteksi sebuah bangkai kapal tak teridentifikasi di dekat kabel tegangan tinggi di antara Norwegia dan Denmark. Namun saat itu para teknisi Statnett tidak memiliki waktu untuk menyelidiki lebih lanjut temuan tersebut.

Namun pada 30 Juni lalu, setelah badai menerjang area tersebut, sebuah tim dikirim untuk memeriksa lebih lanjut bangkai kapal tersebut dengan menggunakan kendaraan bawah laut yang dikendalikan jarak jauh (ROV). Sekitar 15 meter dari kabel bawah laut, ROV menunjukkan wujud bangkai kapal dengan simbol Nazi.

"Menunjukkan sebuah bangkai kapal besar yang ditorpedo. Tapi baru setelah meriam -- dan simbol Nazi -- terlihat di layar, Ole Petter Hobberstad dan krunya memahami bahwa itu berasal dari perang," demikian pernyataan Statnett.

Museum Maritim Norwegia telah mengonfirmasi bahwa tidak diragukan, bangkai kapal itu memang Karlsruhe yang tidak pernah ditemukan sebelumnya.

Kapal yang karam itu berada di lokasi berjarak 13 mil laut atau sekitar 24 kilometer dari pelabuhan Kristiansand. Posisinya tegak di dasar lautan, yang menurut para pakar, menjadi pemandangan langka untuk kapal perang dengan pusat gravitasi tinggi yang biasanya terbalik. Kapal Karlsruhe dirakit di Jerman utara dan diluncurkan sejak 1927 silam.

Tonton juga video 'Demo Rusuh di Norwegia Usai Wanita Robek Al-Quran':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)