AS Sebut Korea Utara Perintahkan Tembak Mati untuk Cegah Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 13:44 WIB
Korea Utara dihantam Topan Maysak (AFP Photo)
Foto: Korea Utara dihantam Topan Maysak (AFP Photo)
Pyongyang -

Otoritas Korea Utara disebut telah mengeluarkan perintah tembak mati untuk mencegah virus Corona memasuki wilayahnya dari China. Hal ini disampaikan oleh komandan pasukan AS di Korea Selatan.

Dilansir AFP, Jumat (11/9/2020), Korut yang sistem kesehatannya harus berjuang untuk mengatasi wabah virus besar ini - belum mengonfirmasi satu pun kasus Corona sejak pertama kali muncul di China, sekutu utama Korut.

Pyongyang menutup perbatasannya dengan China pada Januari untuk mencoba mencegah penularan. Pada Juli, media pemerintah Korut mengatakan telah meningkatkan keadaan daruratnya ke tingkat maksimum.

Komandan Pasukan AS Korea (USFK) Robert Abrams mengatakan bahwa penutupan perbatasan telah meningkatkan permintaan barang selundupan, yang mendorong pihak berwenang untuk campur tangan.

"Korea Utara memperkenalkan zona penyangga baru, satu atau dua kilometer di perbatasan China," kata Abrams dalam konferensi online yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) di Washington, Kamis (10/9) waktu setempat.

"Mereka punya SOF (Pasukan Operasi Khusus) Korea Utara di luar sana.... Pasukan serang, mereka punya perintah tembak mati," imbuhnya.

Penutupan perbatasan secara efektif "mempercepat efek" sanksi ekonomi yang dijatuhkan pada Korea Utara atas program nuklirnya, lanjutnya, dengan impor dari China turun 85 persen.

Simak juga video 'Memanas! AS Batasi Aktivitas Perjalanan Diplomat China':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2