Cetak Rekor Lagi, India Catat 95 Ribu Kasus Corona dalam Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 12:27 WIB
Otoritas India melaporkan lebih dari 83 ribu kasus virus Corona dalam sehari. Angka ini mencetak rekor baru sebagai tambahan kasus harian tertinggi di dunia atau secara global.
Ilustrasi (AP Photo)
New Delhi -

India kembali mencetak rekor untuk tambahan kasus virus Corona (COVID-19) harian. Lebih dari 95 ribu kasus Corona terdeteksi di wilayah India dalam 24 jam terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Kamis (10/9/2020), Kementerian Kesehatan India dalam laporan terbaru mengumumkan 95.735 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Angka itu menggeser rekor tambahan kasus harian tertinggi sebelumnya, yang dilaporkan India pada Senin (7/9) dengan 90.802 kasus Corona dalam sehari.

Dengan lonjakan, total 4.465.863 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah India. Negara ini mencatat total kasus Corona terbanyak kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS) dengan lebih dari 6,3 juta kasus.

Rekor tak hanya dicetak untuk tambahan kasus harian, tapi juga untuk tambahan kematian dalam sehari. Kementerian Kesehatan India melaporkan 1.172 kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir. Angka ini tercatat sebagai tambahan kematian tertinggi dalam sehari di India selama lebih dari sebulan terakhir.

Total kematian akibat Corona di India saat ini mencapai 75.062 orang. Dengan angka ini, India tercatat sebagai negara ketiga dengan total kematian terbanyak di dunia setelah AS dengan lebih dari 190 ribu kematian dan Brasil dengan lebih dari 128 ribu kematian.

Kementerian Kesehatan India menyatakan bahwa lonjakan kasus baru terjadi akibat meningkatnya kapasitas tes Corona yang kini melebihi 1 juta tes Corona setiap hari. Namun, para pakar memperingatkan bahwa pandemi Corona di India memasuki fase berbahaya karena virus menyebar ke kota-kota yang lebih kecil dan desa-desa.

Ibu kota New Delhi melaporkan lonjakan 4.618 kasus Corona dalam 24 jam terakhir, dengan 19 kematian. New Delhi bersama Pune, Mumbai dan Chennai merupakan kota-kota yang terdampak Corona paling parah di India.

(nvc/ita)