Trump Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian 2021, Kok Bisa?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 10:34 WIB
Gunung Rushmore merupakan salah satu destinasi di AS yang cukup diminati turis. Di sana terpampang 4 patung granit Presiden AS. Dan kabarnya Presiden AS Donald Trump ingin juga wajahnya ada di gunung tersebut.
Foto: Presiden AS Donald Trump (CNN)
Oslo -

Seorang anggota parlemen Norwegia telah menominasikan Donald Trump untuk menjadi penerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2021. Trump dinilai telah membantu menengahi kesepakatan antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini adalah kedua kalinya politisi itu mengajukan penghargaan kepada Presiden AS tersebut.

Dilansir Reuters, Kamis (10/9/2020), ribuan orang memenuhi syarat untuk mencalonkan kandidat penerima Hadiah Nobel Perdamaian, termasuk anggota parlemen dan pemerintah, profesor universitas, dan pemenang sebelumnya.

Komite Nobel Norwegia, yang memutuskan penghargaan dari beberapa ratus nominasi yang dibuat setiap tahun, menolak berkomentar mengenai pencalonan Trump tersebut.

"Ini atas kontribusinya untuk perdamaian antara Israel dan UEA. Ini adalah kesepakatan yang unik," kata Christian Tybring-Gjedde, anggota parlemen dari sayap kanan, Partai Progresif kepada Reuters.

Gedung Putih dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Abraham Accords (perjanjian damai Israel-UEA), sebagaimana kesepakatan itu dikenal, menimbulkan optimisme di Timur Tengah.

"Kesepakatan damai ini adalah bukti diplomasi dan visi yang berani dari Presiden Trump, dan dia merasa terhormat untuk dipertimbangkan oleh Komite Nobel," kata Gedung Putih dalam pernyataannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2