ADVERTISEMENT

Kematian Akibat Corona di AS Diperkirakan Mencapai 410.000 Akhir Tahun Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 12:46 WIB
A shopper wears a mask as he pushes a grocery cart in the rain Thursday, June 25, 2020, in Houston. Texas Gov. Greg Abbott said Wednesday that the state is facing a
Foto: AP Photo/David J. Phillip
Jakarta -

Kematian akibat virus Corona di Amerika Serikat diperkirakan akan mencapai 410.000 pada akhir tahun ini, lebih dari dua kali lipat jumlah kematian saat ini. Bahkan angka kematian bisa melonjak menjadi 3.000 kematian per hari pada bulan Desember mendatang.

Demikian sebuah institut kesehatan Universitas Washington, IHME memperkirakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (5/9/2020).

Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan universitas tersebut mengatakan, kematian dapat dikurangi hingga 30 persen jika lebih banyak warga Amerika mengenakan masker seperti yang disarankan oleh para ahli epidemiologi. Namun, pemakaian masker malah menurun.

Sebelumnya diperkirakan 317.697 kematian pada 1 Desember mendatang.

Tingkat kematian AS yang diproyeksikan oleh model IHME, yang telah dikutip oleh Satuan Tugas Virus Corona Gedung Putih, akan lebih dari tiga kali lipat tingkat kematian saat ini sekitar 850 per hari.

"Kami memperkirakan angka kematian harian di Amerika Serikat, karena musiman dan menurunnya kewaspadaan publik, mencapai hampir 3.000 per hari pada bulan Desember," demikian disampaikan institut yang menyebut dirinya sebagai pusat penelitian independen.

"Kematian kumulatif yang diperkirakan pada 1 Januari adalah 410.000; ini adalah kenaikan 225.000 kematian dari sekarang hingga akhir tahun," kata lembaga itu.

Prospek model tersebut untuk dunia bahkan lebih mengerikan, dengan kematian diproyeksikan meningkat tiga kali lipat menjadi 2,8 juta kematian pada 1 Januari 2021.

Tonton juga 'Memanas! AS Batasi Aktivitas Perjalanan Diplomat China':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT