Arab Saudi Buka Wilayah Udaranya untuk Penerbangan UEA-Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 16:19 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
Riyadh -

Otoritas Arab Saudi mengakui sepakat mengizinkan penerbangan komersial dari Uni Emirat Arab (UEA) dengan tujuan 'seluruh negara' untuk mengudara melewati wilayah udaranya. Ini berarti termasuk penerbangan rute UEA-Israel juga diizinkan terbang melalui wilayah udara Saudi.

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/9/2020), laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) yang mengutip sumber otoritas penerbangan sipil Saudi menyebut otoritas Saudi mengabulkan permintaan UEA untuk mengizinkan penerbangan komersial dari dan ke negara tersebut melewati wilayah udara Saudi.

"Untuk melintasi wilayah udara Kerajaan (Saudi-red) bagi penerbangan menuju ke UEA dan yang berangkat dari sana (UEA-red) ke seluruh negara," demikian laporan SPA.

Dengan izin tersebut maka berarti Saudi juga memperbolehkan rute UEA-Israel untuk melewati wilayah udaranya, sehingga tidak harus menempuh perjalanan lebih jauh dengan memutar di Semenanjung Arab seperti sebelumnya.

Keputusan Saudi ini menjadi pertanda konkret lainnya untuk potensi kerja sama antara Saudi dengan Israel, meskipun secara publik otoritas Saudi dengan tegas menolak mengikuti jejak UEA dalam menormalisasi hubungan dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Saudi, Faisal bin Farhan, dalam pernyataan terpisah menegaskan bahwa keputusan itu tidak mengubah posisi 'kuat dan teguh' Kerajaan Saudi terhadap perjuangan Palestina.

Saudi berkali-kali menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel hingga negara Yahudi itu menandatangani perjanjian damai yang diakui secara internasional dengan Palestina.

Selanjutnya
Halaman
1 2