Round-Up

Horor Rudal Iran Hantam Pesawat Ukraina Terungkap dari Kotak Hitam

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 05:12 WIB
Rescue workers carry the body of a victim of an Ukrainian plane crash in Shahedshahr, southwest of the capital Tehran, Iran, Wednesday, Jan. 8, 2020. A Ukrainian airplane carrying 176 people crashed on Wednesday shortly after takeoff from Tehrans main airport, killing all onboard. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Foto: Ukraine Airlines (AP Photo)
Ukraina -

Kotak hitam pesawat maskapai Ukraine International Airlines yang ditembak jatuh Iran mengungkap detik-detik horor insiden itu. Analisis kotak hitam itu menunjukkan bahwa dua rudal menghantam pesawat penumpang itu dalam selisih waktu 25 detik.

Disebutkan juga bahwa ada indikasi para penumpang masih hidup usai rudal pertama menghantam pesawat. Seperti dilansir Reuters, Senin (24/8/2020), hasil analisis tersebut disampaikan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Iran dalam laporan resmi pertama soal konten rekaman percakapan kokpit dan rekaman data penerbangan yang diumumkan pada Minggu (23/8) waktu setempat.

Diketahui bahwa kotak hitam pesawat dikirimkan ke Prancis untuk dianalisis pada Juli lalu.

Otoritas Iran telah mengakui bahwa pihaknya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat maskapai Ukraina itu pada Januari lalu, di tengah ketegangan ekstrem dengan Amerika Serikat (AS). Sedikitnya 176 orang yang ada di dalam pesawat itu tewas.

"Sekitar 19 detik setelah rudal pertama mengenai pesawat, suara pilot di dalam kokpit, mengindikasikan bahwa para penumpang masih hidup ... 25 detik kemudian, rudal kedua mengenai pesawat," sebut Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Touraj Dehghani-Zanganeh, seperti dikutip televisi nasional Iran.

Selanjutnya
Halaman
1 2