Pejabat Pakistan Undang Taliban, Bicarakan Perdamaian Afganistan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 23:33 WIB
Benarkah Rusia bekerjasama dengan Taliban dan memasok senjata?
Foto: Ilustrasi militan Taliban (BBC World).
Jakarta -

Kelompok Taliban berada di Ibu Kota Pakistan, Islamabad. Mereka akan bertemu dengan pejabat Pakistan untuk berbicara soal perdamaian di Afganistan.

Dilansir dari AFP, Senin (24/8/2020), Menteri Luar Negeri Pakistan mengatakan, telah mengundang juru runding utama Taliban ke Islamabad untuk mendorong pembicaraan damai guna mengakhiri konflik di negara tetangga, Afganistan.

Taliban dan pemerintah Afganistan, telah mengisyaratkan mereka siap untuk memulai pembicaraan segera setelah festival Idul Adha, yang berakhir bulan ini, tapi terhambat karena masalah pertukaran tahanan yang masih belum selesai.

"Delegasi itu berada di Islamabad dan kami akan mengadakan pembicaraan dengan mereka besok (25/8/2020) sebagai bagian dari upaya yang bertujuan untuk (membangun) rasa saling percaya," kata menteri luar negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada konferensi pers.

"Ini untuk didamaikan oleh rakyat Afghanistan, dan tugas kami adalah sebagai fasilitator," tambahnya.

"Tujuan utamanya adalah untuk mengamankan perdamaian dan fase berikutnya harus menjadi awal dari dialog intra-Afghanistan."

Seperti diketahui, konflik antara Taliban dan Afganistan telah berlangsung selama dua dekade. Konflik ini telah menewaskan puluhan ribu orang.

(aik/idn)