India Cetak Rekor 65 Ribu Kasus Corona Sehari, Total Lampaui 2,5 Juta

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 14:20 WIB
Total kematian akibat virus Corona di India telah melampaui 48 ribu orang. Angka ini tercatat sebagai total kematian tertinggi keempat di dunia, menggeser Inggris.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di India (AP Photo)
New Delhi -

Otoritas India kembali mencetak rekor dengan lonjakan 65 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Total kasus Corona di negara ini juga telah menembus angka 2,5 juta, mengekor Amerika Serikat (AS) dan Brasil.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (15/8/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan 65.002 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Angka ini tercatat sebagai lonjakan tertinggi dalam sehari di negara tersebut.

Dengan lonjakan itu, total 2.525.922 kasus Corona kini tercatat di wilayah India. Angka ini menempati posisi tertinggi ketiga di dunia, setelah AS dengan lebih dari 5,3 juta kasus dan Brasil dengan lebih dari 3,2 juta kasus.

Rata-rata tambahan kasus harian di India mengalami kenaikan, dari sekitar 15 ribu kasus per hari pada pekan pertama bulan Juli menjadi lebih dari 50 ribu kasus per hari pada awal bulan Agustus.

Kementerian Kesehatan India juga melaporkan 996 kematian dalam 24 jam terakhir. Total kematian akibat Corona di India kini mencapai 49.036 orang.

Data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) menunjukkan bahwa 1.808.936 pasien Corona di India telah dinyatakan sembuh.

Disebutkan juga oleh Kementerian Kesehatan India bahwa kenaikan kasus mencerminkan peningkatan kemampuan kapasitas pemeriksaan, yang saat mencapai 800 ribu tes Corona setiap harinya. Namun para pakar menyebut India masih perlu meningkatkan kapasitas tes Corona di wilayahnya.

Lockdown ketat yang diterapkan India selama dua bulan sejak akhir Mei berhasil menjaga jumlah kasus Corona tetap rendah. Namun sejak lockdown dilonggarkan dan pertokoan mulai dibuka kembali, serta pabrik kembali beroperasi, lonjakan kasus pun terjadi.

(nvc/rdp)