Enam Turis Prancis Tewas Diserang Pria Bersenjata di Niger

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 02:08 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Enam turis Prancis tewas ditembak pria bersenjata di daerah barat daya Niger, Afrika Barat. Selain enam turis, pemandu lokal dan pengemudi juga tewas.

Dilansir AFP, Senin (10/8/2020) pria bersenjata disebut mengendarai sepeda motor saat kejadian. Total delapan orang tewas dalam serangan, yang diyakini sebagai serangan pertama terhadap turis barat.

"Ada delapan orang tewas: dua warga Nigeria termasuk seorang pemandu dan seorang pengemudi, sedangkan enam lainnya adalah orang Prancis," kata Gubernur Wilayah Tillaberi Tidjani Ibrahim Katiella kepada AFP.

"Kami sedang mengatur situasi, kami akan memberikan informasi lebih lanjut nanti," sambung Tidjani Ibrahim, tanpa menyebutkan siapa yang berada di balik serangan itu.

Kepresidenan Prancis telah mengkonfirmasi, bahwa adanya warga Prancis yang terbunuh di Niger. Presiden Prancis Emmanuel Macron juga disebut telah berbicara melalui telepon dengan mitranya dari Niger Mahamadou Issoufou, kata istana Elysee.

Sebuah sumber yang dekat dengan layanan lingkungan Niger mengatakan, serangan itu terjadi sekitar pukul 11:30 (1030 GMT) enam kilometer (empat mil) timur kota Koure, yang berjarak satu jam perjalanan dari ibu kota Niamey.

"Sebagian besar korban ditembak ... Kami menemukan sebuah majalah yang kartridnya kosong di tempat kejadian," kata sumber itu kepada AFP.

Sumber mengaku tidak mengetahui identitas pelaku. Selain itu, pelaku juga disebut melewati semak-semak dan menunggu rombongan turis melintas.

"Kami tidak tahu identitas penyerang, tetapi mereka datang dengan sepeda motor melewati semak-semak dan menunggu kedatangan turis," tuturnya.

(dwia/dwia)