Petugas Dishub Beri Peringatan ke Ortu yang Bawa Anak di CFD Cipete Jaksel

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 10:01 WIB
Penanggung Jawab Kawasan Khusus Pesepeda Cipete Raya, dari Dishub Pancoran, Daud
Foto: Penanggung Jawab Kawasan Khusus Pesepeda Cipete Raya, dari Dishub Pancoran, Daud (Tiara-detikcom)
Jakarta -

Kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, masih disambangi oleh anak di bawah 9 tahun. Aparat setempat mengaku para orang tua kerap memaksa masuk dengan membawa anak.

"Iya (sudah diperingatkan). Seperti ini, orang tuanya maksa kan susah juga. Banyakan orang sini kalau orang sini nih. Kalau pendatang mereka parkir mobil dimana itu mereka udah paham," kata Penanggung Jawab Kawasan Khusus Pesepeda Cipete Raya, dari Dishub Pancoran, Daud, saat ditemui di CFD Cipete Raya, Jakarta Selatan, Minggu (9/8/2020).

Daud mengungkapkan personel nya telah berjaga di 18 titik masuk menuju kawasan CFD. Personel pun telah berupaya mengingatkan warga yang kedapatan membawa anak. Namun, lanjut Daud, mereka beralasan tidak bisa meninggalkan anaknya di rumah.

"Sudah. Ini yang sebenarnya kurang sosialisasi sih karena kan ini sebenarnya sih tugas kita juga cuman sudah coba dihalau, cuma bagaimana (warga sini) orang tuanya nggak berani ninggal anaknya," jelasnya.

Daud mengatakan pihaknya dan aparat gabungan yang berjaga di kawasan CFD akan menggencarkan sosialisasi terkait larangan membawa anak kepada warga. Dia juga akan meningkatkan penjagaan di pintu masuk menuju kawasan CFD.

"Ditingkatkan lagi sosialisasinya karena ini bukan seperti imbauan anak kecil ini bukan tugas Dishub saja tugas kita bersama seperti itu," katanya.

Sebelumnya diberitakan, detikcom masih menemukan sejumlah orang tua yang membawa anak kecil di bawah 9 tahun memasuki CFD Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan. Mereka bebas memasuki kawasan CFD melalui beberapa pintu masuk.

Padahal, Pemprov DKI Jakarta telah melarang anak kecil di bawah 9 tahun memasuki kawasan CFD. Menurut Pemprov, anak di bawah umur rentan terhadap penyakit.

Tonton video 'Tak Ada CFD Sudirman-Thamrin, Warga Tetap Datang':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)