Korban Tewas Akibat Pesawat Tergelincir di India Jadi 17 Orang

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 04:07 WIB
One of the persons injured after an Air India Express flight skidded off a runway while landing at the Kozhikode airport is brought for treatment to the Medical College Hospital in Kozhikode, Kerala state, India, Friday, Aug. 7, 2020. (AP Photo)
Pesawat tergelincir dan terbelah menjadi dua bagian dI India (Foto: AP)
Jakarta -

Proses evakuasi korban pesawat yang terbelah menjadi dia bagian di India masih berlangsung. Hingga saat ini korban tewas tercatat ada 17 orang.

"Kami masih memastikan jumlah korban," kata Petugas Medis Distrik di dekat kota Malappuram, Sakeena, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (8/8/2020).

Pejabat Kozhikode Seeram Sambasiva, mengatakan dari 17 orang yang tewas itu, 2 di antaranya merupakan pilot.

Polisi senior setempat Abdul Karim mengatakan kepada AFP bahwa sedikitnya 15 penumpang dalam kondisi serius dan dirawat di rumah sakit setempat.

"Kami khawatir jumlah korban tewas akan bertambah. Operasi penyelamatan sudah selesai. Saat ini kami sedang mengumpulkan dan memilah barang milik warga dan barang berharga di sekitar landasan," ujarnya.

Maskapai ini membawa 191 penumpang. Dengan rincian 174 penumpang, 10 bayi, dua pilot dan lima awak kabin di pesawat itu.

Menurut kementerian penerbangan, pesawat itu jatuh 10 meter (35 kaki) menuruni lereng dari ujung landasan yang disebut landasan pacu.

Rekaman televisi menunjukkan badan pesawat jet itu terbelah dan dikelilingi oleh personel darurat yang menyemprot bodi pesawat dengan air meskipun tidak ada tanda-tanda kebakaran.

Insiden ini terjadi pada Jumat (7/8) pukul 19.00 waktu setempat di tengah hujan deras.

(eva/eva)