Round-Up

Ternyata 'Rudal' di Balik Ledakan Lebanon Tipu-tipu Belaka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 21:03 WIB
Perbandingan video rekayasa dan video asli terkait ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon
Foto: Video rekayasa yang menunjukkan objek mirip rudal (CNN)
Beirut -

Beredar video yang menunjukkan objek mirip rudal di lokasi ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. Ternyata, rudal itu hanyalah rekayasa belaka alias hoax.

Seperti dilansir CNN, Jumat (7/8/2020), versi asli video tersebut direkam oleh CNN dan sejumlah saksi mata di Beirut, Lebanon, pada Selasa (4/8) waktu setempat. CNN menyebut bahwa video yang menunjukkan kepulan asap pekat di pelabuhan Beirut itu dimodifikasi dan dibuat seperti klise atau gambar negatif pada foto.

Sebagai tambahan, sebut CNN, sebuah objek mirip rudal ditambahkan pada video itu.

Produser media sosial CNN Arabic, Mehsen Mekhtfe, yang tinggal di Beirut merupakan sosok yang merekam video itu saat dirinya berjalan di dekat pelabuhan, hal yang memang rutin dilakukannya. Disebutkan Mekhtfe bahwa beberapa video rekayasa itu diambil dari halaman Facebook milik Mekhtfe.

"Banyak orang menghubungi saya untuk memberitahu saya bahwa itu palsu," ucap Mekhtfe kepada CNN, merujuk pada video palsu yang menunjukkan rudal.

"Tapi itu video saya dan saya memiliki versi aslinya dan tidak terlihat seperti itu. Ketika orang-orang bertanya kepada saya soal itu, saya beritahu mereka, versi yang direkayasa tidak benar," imbuhnya.

"Saya bisa menekankan bahwa saya tidak melihat rudal apapun dan tidak mendengar suara jet tempur atau drone di atas saya," tegas Mekhtfe.