Dirjen WHO Harap AS Pertimbangkan Kembali Keputusan Keluar dari WHO

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 14:48 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), addresses a press conference about the update on COVID-19 at the World Health Organization headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Feb. 24, 2020. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Tedros Adhanom Ghebreyesus (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Jenewa -

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengharapkan Amerika Serikat (AS) akan mempertimbangkan kembali keputusan untuk keluar dari WHO. Tedros menyebut bahwa masalah yang muncul bukanlah finansial, melainkan kurangnya solidaritas antar pemimpin global.

Seperti dilansir CNN, Jumat (7/8/2020), Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada akhir Mei lalu bahwa AS akan mengakhiri hubungan dan menarik diri dari keanggotaan WHO. Proses keluarnya AS dari WHO tengah berlangsung dan baru akan berlaku efektif tahun 2021 mendatang.

"Sekarang, inilah saatnya untuk bekerja bersama Sekarang, inilah saatnya untuk fokus memerangi virus. Jadi saya harap AS akan mempertimbangkan kembali posisinya," ucap Tedros dalam sebuah acara panel di Forum Keamanan Aspen.

"Ketika AS memutuskan untuk menarik diri, persoalannya bukan soal uang. Itu bukan soal isu pembiayaan," cetusnya. "Sebenarnya hubungan dengan AS lebih penting, dan peran kepemimpinannya," imbuh Tedros.

Ditegaskan Tedros bahwa memerangi pandemi virus Corona (COVID-19) membutuhkan persatuan banyak negara, yang melibatkan kerja sama dan solidaritas antara negara-negara besar. "Anda tidak bisa mengalahkan musuh berbahaya ini dalam dunia yang terpecah-belah. Kita butuh dunia yang bersatu," sebutnya.

"Organisasi multilateral hanya dapat mendukung, seperti WHO, para pemimpinnya selalu negara-negara, dan khususnya negara yang besar, yang bisa menyatukan seluruh dunia. Jadi itu yang lebih penting bagi WHO, kekosongannya, bukan keuangannya," jelas Tedros.

Selanjutnya
Halaman
1 2