AS Minta Para Tahanan Taliban Dibebaskan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 13:28 WIB
Menlu AS Mike Pompeo
Foto: Menlu AS Mike Pompeo (AFP Photo/Don EMMERT)
Washington DC -

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo mendesak para tokoh terkemuka Afghanistan yang mengadakan pertemuan besar, untuk membebaskan tahanan Taliban. Pompeo menjanjikan bantuan jika negara yang dilanda perang itu bergerak maju dalam upaya perdamaian.

"Kami mengakui bahwa pembebasan para tahanan ini tidak populer," kata Pompeo dalam sebuah pernyataannya, Jumat (7/8/2020) seperti yang dilansir AFP.

"Tapi tindakan sulit ini akan membawa pada hasil penting yang telah lama dicari oleh warga Afghanistan dan teman-teman Afghanistan: pengurangan kekerasan dan pembicaraan langsung yang menghasilkan kesepakatan damai dan mengakhiri perang," tuturnya.

Dalam pernyataan yang tidak terpikirkan usai serangan 11 September 2001 yang memicu invasi AS, Pompeo mengatakan kepada para pemimpin Afghanistan bahwa Taliban berkomitmen untuk mengurangi kekerasan setelah pembicaraan dimulai.

Taliban menuntut pembebasan 400 tahanan - kebanyakan dituduh melakukan pelanggaran serius, dengan lebih dari 150 terpidana mati - sebagai syarat untuk memulai pembicaraan damai dengan pemerintah yang diakui secara internasional di Kabul.

Presiden Ashraf Ghani menunda keputusan apakah akan membebaskan narapidana ini ke loya jirga - pertemuan tradisional Afghanistan dengan para tetua suku dan pemangku kepentingan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2