Terus Bertambah, Vietnam Kini Catat 6 Kematian Akibat Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 16:10 WIB
Vietnam alami kematian pertama karena Covid-19, pukulan berat bagi negara yang selama ini tak banyak mencatat kasus
Ilustrasi (BBC World)
Hanoi -

Otoritas Vietnam melaporkan tiga kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari atau sepanjang Minggu (2/8) waktu setempat di wilayahnya. Dengan demikian, total sudah enam orang meninggal akibat Corona di Vietnam sejak Jumat (31/7) lalu.

Seperti dilansir VN Express International, Senin (3/8/2020), Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan tambahan tiga kematian akibat Corona sepanjang Minggu (2/8) waktu setempat. Ketiganya merupakan pasien berusia lanjut yang sempat dirawat di Rumah Sakit Da Nang, yang menjadi lokasi klaster Corona terbaru.

Dua pasien wanita yang masing-masing berusia 86 tahun dan 83 tahun dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (2/8) pagi waktu setempat.

Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Truong Son, menuturkan bahwa pasien yang berusia 86 tahun meninggal karena septic shock, kegagalan pernapasan akut, kegagalan beberapa organ tubuh dan akibat COVID-19. Disebutkan juga bahwa pasien ini memiliki penyakit bawaan, termasuk jantung dan gagal ginjal.

Satu pasien lainnya yang berusia 83 tahun dilaporkan meninggal dunia akibat sindrom koroner akut, cholecystitis (peradangan kantong empedu), osteoarthritis (peradangan kronis pada sendi), hipertensi dan COVID-19. Pasien ini diketahui baru saja menjalani operasi perut dan sudah 6 tahun hanya terbaring di ranjang.

Satu pasien lagi, yang juga wanita, meninggal dunia pada Minggu (2/8) malam waktu setempat. Pasien berusia 53 tahun ini dilaporkan meninggal dunia karena gagal jantung akut, myocardial infarction atau serangan jantung, gagal ginjal kronis, diabetes dan COVID-19). Pasien ini diketahui telah menderita diabetes, penyakit jantung kronis dan gagal ginjal selama 5,5 tahun terakhir.

Tiga korban meninggal lainnya, yang terdiri atas dua pasien laki-laki berusia 70 tahun dan 61 tahun, dan satu pasien perempuan berusia 68 tahun, juga sempat dirawat di Rumah Sakit Da Nang. Ketiganya juga memiliki penyakit bawaan sebelum terinfeksi virus Corona.

Sejak pekan lalu, tercatat 205 kasus Corona terdeteksi di kota Da Nang. Dari jumlah itu, dilaporkan 30 kasus merupakan kasus impor atau penularan luar negeri, enam kasus merupakan penularan lokal dan sisanya terdeteksi dari klaster Rumah Sakit Danang.

Kasus-kasus Corona yang terdeteksi dalam klaster Rumah Sakit Da Nang merupakan para pasien yang masuk rumah sakit karena penyakit lain dan tertular Corona saat mereka dirawat di rumah sakit itu. Upaya pembersihan Rumah Sakit Da Nang tengah dilakukan otoritas setempat, dengan seluruh pasien akan dipindahkan ke rumah-rumah sakit lainnya agar penyemprotan disinfektan bisa dilakukan secara menyeluruh.

Pada Senin (3/8) waktu setempat, otoritas Vietnam melaporkan satu kasus Corona yang muncul dalam 24 jam terakhir. Dengan tambahan itu, total kasus Corona di Vietnam sejauh ini mencapai 621 kasus. Dari angka itu, sekitar 242 kasus merupakan kasus Corona aktif dan 373 kasus lainnya telah berujung kesembuhan.

Tonton video 'Corona 'Menggila', Pemilu Hong Kong Ditunda':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)