PM Kosovo Positif Virus Corona, Gejalanya Cuma Batuk Ringan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 10:01 WIB
Pengujian Vaksin Corona Pada Manusia Mulai Tunjukkan Harapan
ilustrasi (Foto: DW (News))
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Kosovo Avdullah Hoti mengatakan bahwa dirinya telah menjalani tes virus Corona dan hasilnya positif. Dia pun akan melakukan isolasi mandiri selama dua minggu ke depan.

"Hari ini saya melakukan tes untuk COVID-19 dan dinyatakan positif," tulis Hoti di akun Facebook-nya pada Minggu (2/8) waktu setempat seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (3/8/2020).

Perdana menteri Kosovo itu mengatakan dia telah memulai 14 hari karantina mandiri, di mana dia akan melakukan tugas-tugasnya dari rumah.

"Saya tidak memiliki tanda-tanda (penyakit), kecuali batuk yang sangat ringan," kata Hoti, yang baru mulai menjabat sebagai perdana menteri pada awal Juni lalu.

Seperti wilayah Balkan lainnya, Kosovo telah melaporkan lonjakan infeksi kasus Corona sejak Juni. Ini adalah salah satu negara termiskin di Eropa dengan infrastruktur medis paling rapuh.

Negara dengan 1,8 juta orang tersebut sejauh ini telah mencatat hampir 9.000 kasus infeksi Corona dengan 249 kematian.

Kepala serikat pekerja sektor kesehatan Kosovo, Blerim Syle memperingatkan awal bulan ini bahwa negara itu bisa menjadi Wuhan dari Balkan - merujuk ke kota di China yang pertama kali melaporkan kasus infeksi Corona dan terdampak sangat parah akibat wabah ini.

Sebelumnya pada akhir Juni lalu, Menteri Bosnia untuk Urusan Veteran, Salko Bukvarevic (53), meninggal setelah terinfeksi virus Corona.

Tonton video 'PB IDI: Tak Ada Dokter-Ahli Mikrobiologi Bernama Hadi Pranoto':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)