2 Pesawat Tabrakan di Udara, 7 Orang Termasuk Anggota Parlemen AS Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 11:05 WIB
A seagull stands on a street lamp while a passengerplane prepares to land in Nice, France, February 17, 2016.   REUTERS/Eric Gaillard
Ilustrasi (REUTERS/Eric Gaillard)
Anchorage -

Dua pesawat ringan bertabrakan saat mengudara di atas wilayah Anchorage di Alaska, Amerika Serikat (AS). Nahas, sedikitnya tujuh orang, termasuk seorang anggota parlemen negara bagian Alaska, tewas dalam tabrakan tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (1/8/2020), otoritas setempat menyatakan tidak ada korban selamat dalam insiden tabrakan antara dua pesawat di dekat bandara Soldotna, Semenanjung Kenai, Alaska pada Jumat (31/7) waktu setempat.

Dituturkan Alaska State Troopers dalam pernyataannya bahwa anggota parlemen negara bagian Alaska, Gary Knopp, sendirian saat menerbangkan salah satu pesawat ringan tersebut. Satu pesawat lainnya membawa empat turis asal South Carolina, seorang pemandu wisata dari Kansas dan seorang pilot dari Soldotna.

Enam dari total tujuh orang yang ada di dalam dua pesawat yang tabrakan itu, dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian. Satu orang meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit (RS) setempat.

Puing-puing pesawat yang tabrakan di udara itu, terjatuh hingga ke ruas jalan raya setempat. Akibatnya, otoritas setempat menutup ruas jalan raya tersebut demi alasan keamanan.

Otoritas Penerbangan Sipil AS (FAA) mengidentifikasi salah satu pesawat sebagai pesawat jenis de Havilland DHC-2 Beaver, pesawat berbaling-baling dengan mesin tunggal. Satu pesawat lainnya tidak diketahui jenisnya.

Penyebab tabrakan dua pesawat itu belum diketahui pasti. Pihak FAA dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) tengah menyelidiki insiden ini secara menyeluruh.

Knopp (67) yang seorang politikus Partai Republik, merupakan anggota parlemen negara bagian Alaska. Sejumlah kolega berduka atas meninggalnya Knopp.

Tonton video '3 Hari Berturut-turut, AS Catat Lebih dari 1.200 Kematian Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/jbr)