Vietnam Laporkan Kematian Kedua Akibat Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 09:41 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi (iStock)
Hanoi -

Otoritas Vietnam melaporkan kematian kedua akibat virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Kematian kedua ini dilaporkan sehari setelah Vietnam melaporkan kematian pertama akibat Corona setelah berbulan-bulan berhasil mengendalikan pandemi ini.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (1/8/2020), korban jiwa kedua di Vietnam merupakan seorang pasien Corona berusia 61 tahun yang meninggal pada Jumat (31/7) malam waktu setempat, akibat komplikasi dari virus Corona. Identitas pasien tidak diungkap ke publik, hanya disebut bahwa dia berjenis kelamin laki-laki.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan bahwa pasien 61 tahun ini meninggal dunia akibat septic shock dan gagal ginjal kronis.

Korban jiwa pertama di Vietnam merupakan seorang pasien berusia 70 tahun yang mengalami gangguan ginjal usai dinyatakan positif Corona.

Baik kematian pertama maupun kematian kedua akibat Corona terjadi di satu rumah sakit yang sama di kota Danang, sebuah kota tujuan wisata yang baru-baru ini menjadi pusat gelombang baru Corona. Dalam sepekan terakhir, lebih dari 100 kasus Corona tercatat muncul di kota Danang. Gelombang baru ini telah menyebar ke enam wilayah lainnya di Vietnam hanya dalam waktu beberapa hari.

Otoritas Vietnam telah mengisolasi kota Danang, dengan menangguhkan seluruh penerbangan dan layanan kereta api di kota yang banyak didatangi turis domestik untuk liburan musim panas. Setiap orang yang baru kembali dari kota tersebut diminta untuk menjalani tes Corona segera.

Kematian akibat Corona di Vietnam terjadi setelah 99 hari negara itu tidak melaporkan kasus penularan lokal. Sejauh ini, sebut otoritas Vietnam, masih ada 15 pasien Corona yang menjalani perawatan medis dalam kondisi kritis. Semua pasien disebut memiliki penyakit bawaan.

Pada Sabtu (1/8) pagi waktu setempat, Kementerian Kesehatan Vietnam mengonfirmasi adanya 12 kasus baru Corona, yang semuanya terkait dengan sebuah rumah sakit setempat. Sejauh ini, Vietnam mencatat total 546 kasus Corona di wilayahnya.

Tonton video 'Vietnam Catat Kematian Pertama Akibat COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/jbr)