Positif Corona, Menteri Pertanian Zimbabwe Meninggal Dunia

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 03:56 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Menteri Pertanian Zimbabwe Perrance Shiri meninggal dunia. Shiri dinyatakan terpapar virus corona (COVID-19).

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa. Melalui harian milik negara 'The Herald' dia mengatakan kalau Shiri meninggal karena COVID-19.

"Ditegaskan bahwa Menteri Shiri meninggal karena COVID-19," kata Emmerson, seperti dilansir dari AFP, Jumat (31/7/2020).

Media independen setempat mengatakan pada hari Rabu bahwa Shiri telah dikarantina di rumah sakit swasta setelah ia terkena virus corona oleh sopirnya, yang dilaporkan meninggal pada akhir pekan lalu.

Shiri menjadi tokoh pertama di Zimbabwe yang meninggal karena virus corona. Shiri meninggal dalam usia 65 tahun.

Zimbabwe memiliki 2.879 kasus virus yang dikonfirmasi, termasuk 41 kematian.

Shiri adalah komandan unit elit terlatih Korea Utara, Brigade Kelima, yang menumpas pemberontakan di provinsi barat Matabeleland di Zimbabwe yang baru merdeka.

Dikenal sebagai pembantaian Gukurahundi, operasi itu merenggut sekitar 20.000 jiwa, menurut Komisi Katolik untuk Keadilan dan Perdamaian di Zimbabwe, seorang tokoh yang didukung oleh Amnesty International.

Shiri menjabat selama bertahun-tahun sebagai komandan angkatan udara sebelum mengambil jabatan sebagai menteri pertanahan dan pertanian di bawah Mnangagwa, yang menggantikan Mugabe.

Tonton video 'WHO Beberkan Negara Berhasil Kendalikan Covid-19, RI Tak Disebut':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)