Empat Orang Tewas dalam Serangan Jihadis di Nigeria

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 03:02 WIB
Ingin Ada Perang Baru, Serdadu AS Rencanakan Serangan Ala Jihadis Terhadap Unitnya Sendiri
Ilustrasi (Foto: DW (News))
Jakarta -

Para pejuang jihad yang dicurigai menyerang kota Maiduguri, salah satu tempat perlindungan terakhir di timur laut Nigeria, Kamis. Serangan ini menewaskan empat warga sipil, kata para pejabat.

"Tiga peledak berbahan bakar roket ditembakkan dari luar kota dan mendarat di lokasi terpisah, menewaskan empat orang dan melukai tiga" kata Kepala Keamanan untuk Badan Manajemen Darurat Negara Borno (SEMA), Bello Danbatta, seperti dilansir dari AFP, Jumat (31/7/2020).

"Ini tentu merupakan hasil kerja dari 'teroris' yang bertekad mengganggu perayaan Idul Adha besok," kata Ibrahim Liman, seorang pejabat dengan salah satu milisi sipil yang mendukung militer dalam perang melawan para jihadis.

"Mereka menembakkan bom dari tepi kota untuk menyebabkan kehancuran dan membuat panik," tambahnya.

Maiduguri adalah ibu kota negara bagian Borno, tempat kelahiran kelompok Boko Haram pada tahun 2009. Boko Haram telah berulang kali menyerang kota itu, rumah bagi beberapa juta orang, sementara sebagian besar wilayah timur laut Nigeria telah menjadi daerah larangan karena kehadiran kelompok-kelompok jihadis.

Boko Haram adalah salah satu kelompok yang paling ditakuti dan secara bertahap menyebar ke negara tetangga, Kamerun dan Chad. Lebih dari 36.000 orang tewas dalam pertempuran sejak 2009, dengan lebih dari dua juta tidak dapat kembali ke rumah mereka, banyak dari mereka mencari perlindungan di Maiduguri.

(eva/eva)