International Updates

Ibadah Haji Dimulai di Arab Saudi, Najib Razak Bersikeras Tak Bersalah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 17:42 WIB
Beginilah potret Kakbah dan Masjidil Haram sambut jamaah haji yang kembali dibuka saat pandemi COVID-19. Ini potretnya.
Foto: AP/Pool
Jakarta -

Para jemaah hari Rabu (29/7) ini memulai ibadah haji tahunan, yang secara dramatis dikurangi tahun ini karena tuan rumah Arab Saudi berusaha untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

Ibadah haji, satu dari lima rukun Islam ini biasanya merupakan salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia.

Tetapi tahun ini hanya sekitar 10.000 orang yang sudah tinggal di kerajaan Saudi yang akan berpartisipasi dalam ritual haji 2020 ini, hanya sebagian kecil dari 2,5 juta jemaah haji dari seluruh dunia yang hadir tahun lalu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (29/7/2020):

- Divonis 12 Tahun Penjara Atas 1MDB, Najib Razak Bersikeras Tak Bersalah

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak kembali menegaskan bahwa dia tidak bersalah atas kasus korupsi terkait perusahaan investasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Dia berjanji akan mengajukan banding setelah dinyatakan bersalah atas tujuh dakwaan.

Seperti dilansir dari Channel News Asia (CNA), Selasa (28/7/2020) Najib Razak menyampaikan pernyataannya itu kepada wartawan dalam konferensi pers setelah mendengarkan keputusan hakim.

"Kami percaya bahwa kami tak bersalah, dan kami percaya kami memiliki kasus yang kuat. Tapi tentu saja, kami harus meyakinkan para hakim," ungkapnya, Selasa (28/7).

"Shafee akan terus memimpin tim. Dia sangat bertekad untuk mendapatkan hasil yang kami inginkan," katanya, merujuk pada penasihat hukumnya, Muhammad Shafee Abdullah.

- Beijing Laporkan Dua Kasus Baru Corona, Salah Satunya Orang Indonesia

Beijing, ibu kota China melaporkan dua kasus baru COVID-19 yang dikonfirmasi pada hari Senin (27/7/2020). Salah satu dari dua kasus itu adalah orang Indonesia.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, Selasa (28/7) dua kasus Corona tersebut adalah satu kasus impor dan satu lagi terkait dengan kasus yang dikonfirmasi di kota Dalian di Provinsi Liaoning, China timur laut.

Selanjutnya
Halaman
1 2