94 Imigran Diselamatkan dari Laut di Malta, 65 Positif Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 03:00 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi virus Corona (Foto: iStock)
Valetta -

Sebanyak 94 orang imigran diselamatkan penjaga pantai Malta di perairan Mediterania. Kementerian Kesehatan Malta menyatakan sejauh ini 65 orang dari kelompok imigran tersebut dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

Dilansir dari AFP, Rabu (29/7/2020), para imigran itu diselamatkan penjaga pantai Malta pada Senin malam waktu setempat. Semua orang dalam kelompok imigran itu dites terkait Corona dan selanjutnya dikarantina.

Lebih dari dua per tiga dari kelompok tersebut dinyatakan positif Corona, sementara tes untuk 9 imigran lainnya tertunda. Sebanyak 65 orang dinyatakan positif, sedangkan 20 imigran lainnya negatif Corona.

Badan amal setempat melaporkan kapal yang mengangkut para imigran itu telah berada di laut selama 30 jam sebelum akhirnya diselamatkan.

"Para imigran yang positif (Corona) akan terus diisolasi di Pusat Penerimaan Awal Hal Far dan sisanya akan tetap dikarantina dan ditindaklanjuti," demikian pernyataan dari pemerintah Malta.

Dengan penambahan dari kasus kelompok imigran, jumlah kasus positif Corona di Malta mencapai 99 orang. Jumlah kasus di negara itu melonjak akhir pekan lalu dengan ditemukannya 18 kasus positif dari klaster pesta yang diadakan di sebuah resor.

Saat menghadapi puncak pandemi, Malta menutup pelabuhannya untuk semua lalu lintas, termasuk para imigran yang diselamatkan. Akibatnya, lebih dari 400 imigran ditahan di empat kapal wisata sebelum akhirnya diizinkan masuk ke negara itu.

(azr/azr)