20 Warga Sudan Tewas Ditembak Sejumlah Pria Bersenjata Api

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 01:08 WIB
Pasukan mantan pemberontak dan pasukan pemerintah terlibat pertempuran sengit di Ibu kota Sudan Selatan. Pertikaian ini menyebabkan Sudan Selatan berada diambang perpecahan.
ilustrasi tentara Sudan (Foto: Reuters)
Khartum -

20 warga sipil di wilayah Darfur, Sudan, tewas ditembak sejumlah pria bersenjata. Selain orang dewasa, anak-anak juga menjadi korban atas insiden tersebut.

Dilansir AFP, penembakan itu terjadi pada Jumat (24/7) waktu setempat. Para korban tewas sebagian besar berprofesi sebagai petani.

"Pria bersenjata datang pada hari Jumat dan melepaskan tembakan, menewaskan 20 orang, termasuk dua wanita dan anak-anak," kata Kepala Suku Ibrahim Ahmad kepada AFP.

Ahmad mengatakan pihaknya mencatat ada 20 orang yang terluka akibat penembakan itu. Jumlah korban tewas dapat bertambah karena orang-orang yang terluka dalam kondisi kritis. Otoritas setempat saat ini masih mendata jumlah korban.

Seorang saksi yang enggan disebut namanya, mengatakan pria-pria bersenjata datang menggunakan truk pikap. Beberapa di antaranya membawa senapan mesin.

"Orang-orang bersenjata itu datang dengan truk pikap, beberapa di antaranya membawa senapan mesin. Mereka mengepung kami dari keempat sisi dan melepaskan tembakan," kata saksi.

Saat penembakan berlangsung, 14 orang tewas seketika, sementara 6 lainnya merenggangkan nyawa di rumah sakit.

Diketahui, konflik di Darfur menewaskan 300 ribu orang dan membuat 2,5 juta warga sipil terlantar. Konflik berkepanjangan itu disebut-sebut karena persoalan marginalisasi.

(isa/isa)