Eks Utusan Paus Fransiskus Akan Disidang Atas Serangan Seks 4 Pria

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 12:58 WIB
Australia akan minta maaf dan beri kompensasi kepada anak-anak korban pelecehan seksual
Ilustrasi (BBC World)
Paris -

Mantan diplomat Vatikan untuk Prancis, Luigi Ventura, akan disidang atas kasus penyerangan seksual di Paris, Prancis pada November mendatang. Sedikitnya ada empat pria yang melaporkan Ventura atas tuduhan penyerangan seksual, dengan salah satu menuduh sang rohaniwan menyentuhnya secara tidak pantas.

Seperti dilansir AFP, Jumat (24/7/2020), Ventura (75) yang merupakan Uskup Agung kelahiran Italia ini, menjabat utusan Paus Fransiskus untuk Prancis atau Apostolic Nuncio untuk Prancis sejak tahun 2009. Jabatan ini memberikannya kekebalan diplomatik.

Pada Juli tahun lalu, Ventura telah dilucuti kekebalan diplomatiknya oleh Vatikan, setelah dia diinterogasi oleh Kepolisian Polisi. Pada Desember tahun lalu, dia mengundurkan diri setelah mencapai batasan usia 75 tahun untuk jabatannya.

Dituturkan kantor jaksa Paris dalam pernyataannya pada Kamis (23/7) waktu setempat bahwa persidangan Ventura akan digelar mulai 10 November mendatang.

"Dia akan hadir. Dia akan datang saat persidangan untuk membela kehormatannya dan membela dirinya yang tidak bersalah," ucap pengacara Ventura, Bertrand Ollivier, kepada AFP merujuk pada kliennya.

Para korban Ventura menyebut keputusan untuk menyidangkan Ventura sebagai 'kemenangan'. "Keputusan ini memvalidasi apa yang kami katakan sejak lama dan menguatkan para korban dalam keputusan mereka untuk mengajukan klaim agar impunitasnya tidak akan bisa berlanjut," sebut salah satu pengacara korban yang menggugat Ventura, Jade Dousselin, dalam pernyataannya.

Tonton video 'Polisi Gerebek Pesta Seks di Sulsel, 8 Remaja Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2