Ledakan Truk Tanker di Nigeria, 3 Orang Tewas

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 03:51 WIB
Sebuah rumah di wilayah Cilandak Barat, Jakarta Selatan, terbakar. Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan mengerahkan 15 unit kendaraan untuk memadamkan api. Lokasi kebakaran berada di Jalan BN, Cilandak Barat, Kamis (19/11/2015). Lamhot Aritonang/ilustrasi/detikcom.
Ilustrasi (Foto: lamhot Aritonang)
Nigeria -

Sebuah truk tanker bermuatan bahan bakar terbalik di Nigeria Selatan dan mengakibatkan ledakan. Tiga orang tewas terbakar dalam peristiwa ini.

"Tiga orang dibakar hingga tak bisa dikenali, empat kendaraan dan tiga sepeda motor dibakar menjadi abu," kata juru bicara kepolisian Negara Bagian Delta Onome Onowakpoyeya, seperti dilansir AFP, Kamis (23/7/2020).

"Sejumlah orang yang tidak ditentukan menderita berbagai tingkat luka bakar akibat kebakaran itu," lanjutnya.

Orang-orang dari daerah sekitar berkumpul dan mengambil bahan bakar yang tercecer, kata seorang saksi mata, Mamus Okpogode.

"Sebuah percikan dari kendaraan yang mengangkut pedagang ke pasar lokal memicu api yang melanda kapal tanker itu," katanya.

Okpogode mengatakan dia menghitung sedikitnya tujuh orang tewas di tempat kejadian dan 18 orang yang terluka dibawa ke rumah sakit.

Ledakan semacam itu biasa terjadi di Nigeria, di mana banyak orang hidup dalam kemiskinan meskipun negara itu adalah produsen minyak terbesar di benua itu, dengan sekitar dua juta barel per hari.

Insiden sering terjadi ketika penduduk mencoba menyedot minyak atau bensin dari jaringan pipa atau ketika pengemudi kapal tanker mengalami kecelakaan di jalan-jalan negara yang tidak terawat.

(eva/eva)