Singapura Catat 248 Kasus Corona dalam Sehari, Salah Satunya WNI

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 11:32 WIB
Singapura menggelar pemilihan umum (Pemilu) di tengah pandemi Corona, Jumat (10/7/2020). Pemilu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.
Ilustrasi (AP Photo)
Singapura -

Otoritas Singapura melaporkan 248 kasus baru virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Terdapat empat kasus impor di antara kasus baru itu, dengan salah satunya seorang warga negara Indonesia (WNI).

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (17/7/2020), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) melaporkan bahwa total 47.126 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Singapura. Sementara total kematian akibat Corona di Singapura kini mencapai 27 orang.

Kasus impor merupakan sebutan bagi kasus Corona yang penularannya terjadi di luar negeri dan pasien dinyatakan positif Corona setibanya di Singapura. Disebutkan MOH bahwa empat kasus impor itu telah mendapat pemberitahuan untuk tetap di rumah setelah tiba di Singapura.

Empat kasus impor yang dilaporkan MOH terdiri dari seorang wanita Singapura yang baru pulang dari Amerika Serikat (AS) pada 3 Juli, seorang warga Singapura dan seorang permanent resident yang baru datang dari Azerbaijan pada 4 Juli dan seorang WNI yang memegang work pass (izin kerja) di Singapura.

Disebutkan MOH bahwa WNI itu tiba di Singapura pada 4 Juli lalu. MOH hanya menyebut WNI itu terbang dari Indonesia, namun tidak disebut secara spesifik dari wilayah mana. Identitas WNI itu juga tidak diungkap ke publik.

Dalam laporannya, MOH menyebut empat kasus impor ini semuanya merupakan kasus tanpa gejala (asymptomatic).

Laporan MOH menyebut terdapat 11 kasus domestik atau penularan di masyarakat di antara kasus-kasus baru itu dan sisanya merupakan kasus-kasus yang melibatkan para pekerja migran yang tinggal di asrama-asrama di Singapura. Dari kasus-kasus baru yang dilaporkan sepanjang Kamis (16/7) waktu setempat, sebanyak 96 persen terkait dengan cluster yang sudah ada.

Dalam laporannya, MOH juga menyebut 268 pasien dipulangkan dari rumah sakit atau fasilitas karantina dalam sehari, setelah dinyatakan sembuh. Secara keseluruhan, sudah 43.256 pasien Corona yang dinyatakan sembuh di Singapura.

Saat ini, menurut MOH, masih ada 146 pasien Corona yang dirawat di rumah sakit, dengan sebagian besar dalam kondisi stabil dan mengalami peningkatan.

Sebanyak 3.697 pasien lainnya menjalani isolasi dan perawatan medis di fasilitas-fasilitas karantina. Mereka yang dirawat di fasilitas karantina merupakan para pasien yang mengalami gejala ringan, atau pasien yang secara klinis dinyatakan sehat namun positif Corona.

Tonton video 'Pemerintah Jelaskan Definisi Kontak Erat Terkait COVID-19':

(nvc/ita)