Round-Up

Gonta-ganti Menkes Peru Selama Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 21:07 WIB
President of Peru Martin Vizcarra Cornejo waits to speak during the 74th session of the United Nations General Assembly on September 24, 2019 at the United Nations Headquarters in New York City. (Photo by Don Emmert / AFP)
Foto:Presiden Peru Martin Vizcarra (AFP/DON EMMERT)
Peru -

Presiden Peru Martin Vizcarra sudah beberapa kali mengganti menteri kesehatannya. Kini tercatat sudah dua kali ada pergantian menkes selama masa pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (16/7/2020), kali ini Vizcarra mencopot Menkes Victor Zamorra, dan menggantinya dengan Pilair Mazzetti.

Penggantian itu dilakukan setelah Peru mendapat kecaman keras atas pengelolaan krisis kesehatan selama pandemi Corona.

Mazzetti adalah ahli saraf terkenal dan menteri kesehatan di bawah mantan presiden Alejandro Toledo (2001-06). Dia juga merupakan menteri dalam negeri di bawah Alan Garcia dalam masa jabatan kedua pemimpin terakhir dari 2006-11.

Namun, sebelumnya, Zamora mengambil alih jabatan pada 21 Maret dari Elizabeth Hinostroza. Seminggu setelah Peru memberlakukan karantina wilayah secara nasional untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Diketahui, di Peru terdapat 333.000 orang terinfeksi, terbanyak ke dua di Amerika Latin. Para kritikus Zamora meyakini angka kematian karena Corona di Peru lebih dari 30.000

(rdp/rdp)