Ada Apa di Balik Rentetan Insiden Ledakan dan Kebakaran di Iran?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 10:14 WIB
Ledakan Iran: Ada apa di balik kebakaran misterius di fasilitas penting, termasuk situs nuklir?
Foto: Rentetan ledakan dan kebakaran di Iran (BBC World)
Teheran -

Serentetan insiden kebakaran dan ledakan terjadi di fasilitas-fasilitas Iran. Sebagian insiden ini masih menyisakan misteri. Apa yang sebenarnya terjadi di Iran?

Seperti diketahui, tercatat pada 30 Juni lalu, ledakan dahsyat menghantam sebuah pusat kesehatan di lingkungan kelas atas di Teheran utara, menewaskan 19 orang dan merusak bangunan di dekatnya.

Kemudian pada 2 Juli, badan energi atom negara itu melaporkan bahwa "kecelakaan" telah merusak gudang yang sedang dibangun di situs nuklir Natanz, sekitar 250 kilometer (150 mil) selatan Teheran.

Yang terbaru, insiden kebakaran besar terjadi di sebuah galangan kapal yang ada di kota pelabuhan Bushehr, Iran.

Berikut ini daftar insiden yang terjadi di Iran dan masih menyisakan misteri:


1. Pusat Kesehatan Sina At'har, 30 Juni 2020

Ledakan dahsyat terjadi di sebuah klinik di Teheran utara, Iran dan menewaskan setidaknya 19 orang. Televisi pemerintah melaporkan ledakan itu terjadi di pusat kesehatan Sina At'har pada Selasa (30/6) malam waktu setempat.

Ledakan itu juga menyebabkan kerusakan pada gedung-gedung di sekitarnya. Kepulan asap hitam pun membubung tinggi.

"Sebuah ledakan dilaporkan pada pukul 20:56 diikuti oleh kebakaran di klinik Sina At'har. Unit-unit medis dikirim segera," kata layanan medis darurat Teheran dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (1/7/2020).

"Kematian 13 orang telah dikonfirmasi. Enam orang juga terluka dan dibawa ke rumah sakit," imbuhnya.

Juru bicara departemen pemadam kebakaran Teheran, Jalal Maleki, mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah menemukan enam orang lagi yang tewas setelah kebakaran itu padam sekitar dua jam kemudian, sehingga menambah jumlah korban menjadi 19 orang.

Televisi pemerintah menyebut bahwa lima belas orang yang tewas adalah wanita.

Dalam sebuah wawancara TV, Maleki mengatakan ledakan itu terjadi ketika tabung gas terbakar di ruang bawah tanah klinik.

2. Kompleks Nuklir Natanz, 2 Juli 2020

Badan nuklir Iran melaporkan terjadinya sebuah insiden di lokasi proyek konstruksi pada kompleks nuklir setempat. Tidak ada laporan korban dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (2/7/2020), kompleks nuklir Natanz di Iran bagian tengah itu dinyatakan sedang 'tidak aktif' saat insiden terjadi pada Kamis (2/7) pagi waktu setempat.

"Sebuah insiden terjadi pada Kamis (2/7) pagi dan merusak sebuah gudang yang sedang dalam pembangunan di area terbuka di situs Natanz," tutur juru bicara Organisasi Energi Atom Iran, Behrouz Kamalvandi, dalam pernyataannya seperti dikutip kantor berita IRNA.

Kamalvandi menyatakan bahwa situs nuklir itu tidak aktif belakangan ini dan tidak ada risiko polusi radioaktif. Ditegaskan juga bahwa insiden ini tidak menimbulkan korban.

Penyebab insiden ini, sebut Kamalvandi, masih dalam penyelidikan. Dia tidak menjelaskan lebih detail soal insiden yang terjadi.

Tonton video '19 Orang Tewas dalam Ledakan di Klinik Iran':

Selanjutnya
Halaman
1 2