Lagi-lagi Insiden Misterius di Iran, 7 Kapal Terbakar Hebat

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 08:31 WIB
A screen grab taken from a from Iranian State TV IRIB on Wednesday showing firefighters combating a blaze at a shipyard in the Iranian city of Bushehr.
Petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api yang berkobar di galangan kapal kota Bushehr, Iran (IRIB News Agency/AFP/Getty Images)
Teheran -

Kebakaran besar terjadi di sebuah galangan kapal yang ada di kota pelabuhan Bushehr di Iran. Sedikitnya tujuh kapal di area tersebut rusak akibat kebakaran ini.

Seperti dilansir CNN, Kamis (16/7/2020), pejabat penanggulangan krisis Iran, Jahangir Dehghani, menuturkan bahwa api pertama muncul sejak Rabu (15/7) sore waktu setempat. Upaya pemadaman dilaporkan masih terus berlangsung.

Beberapa foto yang diposting kantor berita Tasnim News Agency menunjukkan beberapa kapal diselimuti kobaran api, dengan kepulan asap pekat membubung dari puing-puing kapal yang terbakar.

Penyebab kebakaran hebat ini belum diketahui pasti. Menurut kantor berita IRNA, tak ada laporan korban jiwa.

Insiden di Bushehr ini masuk dalam daftar serangkaian insiden ledakan dan kebakaran misterius di lokasi-lokasi penting Iran, termasuk kebakaran yang melanda kompleks nuklir Natanz, pekan lalu dan sebuah ledakan di dekat fasilitas pengembangan militer Parchin pada Juni lalu.

Bushehr diketahui terletak di area pantai timur Teluk Persia dan berjarak 692 kilometer sebelah selatan ibu kota Teheran.

Kebakaran yang terjadi pada Rabu (15/7) waktu setempat ini terjadi usai kebakaran melanda sebuah pabrik aluminium di kota Lamerd pada Selasa (14/7) waktu setempat. Kebakaran di Lamerd itu telah dipadamkan dan tidak ada laporan korban jiwa.

Otoritas Iran masih menyelidiki dua kebakaran tersebut.

Tonton video 'Iran Minta Bantuan Interpol untuk Tangkap Trump':

(nvc/ita)