Hasil Tes Corona Kedua Masih Positif, Presiden Brasil: Saya Baik-baik Saja

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 07:43 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro kerap meremehkan bahaya dari virus Corona (COVID-19). Namun, kini Bolsonaro dinyatakan positif setelah dites Corona usai mengalami gejala demam.
Foto: Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (AP Photo/Eraldo Peres).
Jakarta -

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah menjalani tes virus Corona (COVID-19) lanjutan. Hasilnya, Bolsonaro masih berstatus positif COVID-19.

Bolsonaro mengumumkan hasil tes lanjutannya pada Rabu (15/7) kemarin. Dia mengaku dalam keadaan baik-baik saja.

"Saya baik-baik saja, terima kasih Tuhan. Kemarin pagi, saya mengambil tes, dan pada malam hari hasilnya adalah saya masih positif virus Corona," kata Bolsonaro dalam siaran langsung Facebook dari kediaman resmi di Brasilia, seperti dilansir AFP, Kamis (16/7/2020).

Bolsonaro mengaku tidak mengalami gejala COVID-19. Bolsonaro juga mengaku bahwa penggunaan obat anti-malaria hydroxychloroquine, yang telah dia konsumsi sejak didiagnosis minggu lalu, sedang bekerja.

"Saya tidak merekomendasikan apa pun. Saya sarankan Anda berbicara dengan dokter Anda. Dalam kasus saya, seorang dokter militer merekomendasikan hydroxychloroquine, dan itu berhasil," katanya.

Kantor pers kepresidenan mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa Bolsonaro, yang berusia 65 tahun berada dalam kelompok berisiko tinggi, akan tetap dikarantina di kediaman resmi Istana Alvorada. Dia akan bekerja melalui konferensi video.

Sebelumnya, Bolsonaro menyatakan diri positif virus Corona pada Selasa (7/7). Namun, dia menyatakan tidak memiliki gejala kesehatan berat.

Bolsonaro, yang telah lama meremehkan risiko yang yang ditimbulkan oleh virus Corona, mengatakan bahwa dirinya telah dites setelah menunjukkan gejala-gejala termasuk demam.

Tonton video 'Positif Corona, Presiden Brasil Minum Obat Malaria':

(aik/mae)