Rusia Sesalkan Keputusan Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 10:31 WIB
Pengadilan Turki menyetujui fungsi bangunan Hagia Sophia diubah dari museum menjadi masjid. Umat Islam di Turki dapat melangsungkan salat mulai 24 Juli 2020.
Foto: Hagia Sophia yang telah berubah menjadi masjid (Getty Images)
Moskow -

Rusia menyesalkan keputusan Turki yang mengubah bangunan ikonik, Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid. Kekecewaan sebelumnya juga telah disampaikan gereja Ortodoks Rusia.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (13/6/2020), pengadilan tinggi Turki memutuskan pada hari Jumat (10/7) waktu setempat, bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada 1934 adalah melanggar hukum. Keputusan itu membatalkan keputusan kabinet Turki tahun 1934 dan memutuskan bahwa situs Warisan Dunia itu harus dibuka kembali untuk ibadah muslim.

Sontak, keputusan pengadilan tersebut memicu kemarahan global. Gereja Ortodoks Rusia sudah menyatakan kecewa atas keputusan itu.

Sementara itu, dalam situs Kementerian Luar Negeri Rusia, juru bicara Maria Zakharova mengatakan Moskow "mencatat dengan menyesalkan" keputusan Turki mengenai situs Warisan Dunia UNESCO itu.

Komentar Zakharova muncul setelah Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Vershinin mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia memandang langkah itu sebagai "urusan dalam negeri Turki di mana kami dan orang lain tidak boleh ikut campur."

Zakharova mengatakan bahwa sebagai museum, "tempat suci bagi semua agama Kristen" itu telah menjadi "simbol perdamaian dan persatuan antaragama."

Tonton video 'Paus Fransiskus Sedih Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid':

Selanjutnya
Halaman
1 2