Sah! Pengadilan Turki Setujui Museum Hagia Sophia Diubah Jadi Masjid

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 00:44 WIB
Hagia Sophia adalah salah satu landmark kota Istanbul, Turki. Kondisi bangunan yang pernah menjadi gereja, masjid dan museum itu kini sunyi dan sepi di tengah COVID-19 melanda Turki. Ini potretnya.
Foto: Getty Images/Chris McGrath
Istanbul -

Pengadilan Turki menyetujui fungsi bangunan bersejarah Hagia Sophia diubah dari museum menjadi masjid. Hal ini mendapatkan banyak respons dari berbagai pihak.

Dilansir AFP, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menandatangani dektrit presiden soal status Hagia Sophia pada Jumat (10/7) waktu setempat. Dekrit yang diserahkan ke direktorat urusan agama Turki itu, berisikan permintaan agar bangunan Hagia Sophia difungsikan kembali sebagai masjid.

Pengadilan tinggi Turki telah mencabut status Hagia Sophia sebagai museum dan diperuntukan menjadi masjid. Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul pun mengunggah foto bangunan Hagia Sophia di akun Twitternya dengan pesan 'Selamat Hari Jumat'.

Diketahui, Hagia Sophia dibangun pertama kali sebagai gereja katedral oleh Kekaisaran Bizantium Kristen sejak 1500 tahun yang lalu. Kemudian, bangunan itu diubah statusnya menjadi masjid setelah penaklukan Konstantinopel oleh Ottoman pada 1453.

Lalu, status Hagia Sophia diubah menjadi museum pada tahun 1934 dan ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Seiring berjalannya waktu, Hagia Sophia menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan di Istanbul.

(isa/isa)