5 Juta Penduduk Melbourne Mulai Jalani Lockdown Lagi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 14:58 WIB
Mengapa Enam Minggu? Alasan Dibalik Melbourne Kembali Lockdown
Foto: Warga Melbourne akan menjalani lockdown selama 6 minggu (ABC Australia)
Jakarta -

Sekitar lima juta orang di Melbourne, Australia mulai menjalani masa lockdown untuk mengendalikan virus Corona pada Kamis (9/7/2020). Kebijakan lockdown ini diberlakukan kembali usai Melbourne harus berjibaku dengan kemunculan kembali virus Corona.

Seperti dilansir AFP, Kamis (9/7) warga telah diberitahu untuk tinggal di rumah selama enam pekan, setelah langkah-langkah lain untuk menahan lonjakan kasus COVID-19 gagal mencegah penyebaran virus.

Negara bagian Victoria, yang mengumumkan 165 kasus baru pada hari Kamis (9/7), telah secara efektif ditutup dalam upaya mengendalikan virus.

Namun, serbuan wisatawan melintasi perbatasan ke negara tetangga New South Wales pada hari Rabu (8/7) telah meningkatkan kekhawatiran bahwa upaya itu dapat digagalkan. Polisi mengatakan bahwa sekitar 30.000 mobil mengantre dalam waktu kurang dari 36 jam.

"Beberapa kasus yang datang dari perbatasan dari Victoria (dapat) menyebabkan angka ajaib itu menjadi wabah yang akan sangat sulit untuk dikendalikan," kata ahli epidemiologi Mary-Louise McLaws kepada penyiar berita ABC.

Premier New South Wales, Gladys Berejiklian mengatakan, dua kasus COVID-19 telah diidentifikasi di kota perbatasan Albury. Dia memperingatkan agar tidak bepergian ke atau dari komunitas di perbatasan negara.

"Kami ingin memastikan bahwa kami menekan potensi kemunculan (kasus) yang terjadi sebelum lonjakan kasus menjadi jelas," katanya kepada wartawan di Sydney.

Tonton juga 'Lockdown Melbourne Diperluas':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2