Serangan Jihadis Tewaskan 23 Tentara di Nigeria

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 04:14 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Para pejuang Jihadis melakukan serangan yang menewaskan 23 tentara Nigeria. Dua tentara terluka dan beberapa lainnya dinyatakan hilang.

Dilansir AFP, Kamis (9/7/2020) pasukan tentara Nigeria tersebut diserang pada hari Selasa oleh para jihadis. Pasukan diserang sekitar 40 kilometer atau 25 mil di luar ibu kota regional Maiduguri.

"Kemarin konvoi militer disergap oleh teroris di Bulabulin (desa) di sepanjang Jalan Maiduguri-Damboa," kata sumber pertama.

"Dua puluh tiga tentara terbunuh, dua terluka dan jumlah yang tidak bisa dikonfirmasi hilang dalam aksi," sambungnya.

Sumber kedua mengatakan, pasukan tentara diserang saat sedang dalam perjalanan kembali ke Maiduguri. Pasukan disebut, baru selesai menjalankan operasi patroli dan pembersihan terhadap teroris.

"Pasukan kembali dari operasi patroli dan pembersihan terhadap teroris ketika mereka diserang," kata sumber itu.

Pasukan tentara Nigeria, kemudian berhasil mengusir serangan setelah mendapatkan bantuan. Sedangkan pencarian tentara yang hilang, saat ini sedang berlangsung.

"Pasukan mampu mengusir serangan dengan bala bantuan tetapi mereka menderita korban. Setidaknya 23 tentara tewas," pungkasnya.

Militer Nigeria mengkonfirmasi serangan itu, tetapi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa hanya dua tentara tewas dan empat lainnya luka-luka.

Dikatakan 17 gerilyawan tewas dalam pertempuran berikutnya. Tentara Nigeria telah berulang kali mengklaim bahwa pemberontakan sebagian besar telah dikalahkan dan seringkali menanggung kerugiannya.

(dwia/dwia)